EKSPRESI KOLAGEN TIPE VIII PADA GINGIVA SETELAH PEMBERIAN ADIPOSE MESENCHYMAL STEM CELL (PENELITIAN PADAHEWAN COBA RATTUS NOVERGICUS)

NURIN SOBRINA, 021518056302 (2018) EKSPRESI KOLAGEN TIPE VIII PADA GINGIVA SETELAH PEMBERIAN ADIPOSE MESENCHYMAL STEM CELL (PENELITIAN PADAHEWAN COBA RATTUS NOVERGICUS). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDGS.PERI. 02-18 Sob e Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.PERI. 02-18 Sob e.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Perawatan penyakit periodontal saat ini telah mengarah ke Tissue engineering (TE), dimana TE memiliki 3 komponen utama. Salah satunya yaitu yaitu stem sel merupakan sel dengan fungsi spesifik yang memiliki kemampuan untuk self-renewal, memiliki berbagai potensi dan berdifferensiasi menjadi berbagai macam sel. Stem sel yang dapat di bagi menjadi ESCs dan MSCs. Salah satu sel yang di karakteristik MSCs berasal dari adipose tissue (ASCs). ASCs mensekresi beberapa growth factor dan ASCs juga disekresi oleh mast cell. Mast cell juga memproduksi kolagen tipe VIII. Kolagen tipe VIII memiliki fungsi untuk attachment promoting factor untuk DAT cell dan sel epitel. Tujuan: Untuk mengetahui ekspresi kolagen tipe VIII pada gingiva tikus wistar setelah pemberian ASCs. Metode: Kelompok percobaan dibagi atas 2 kelompok. Pada kelompok percobaan sulkus dilukai dengan melakukan curretage pada gigi insisif. Pada kelompok kontrol di injeksikan dengan PBS sedangkan pada kelompok perlakuan di injeksikkan dengan ASCs. Setelah 14 hari tikus diterminasi dan dilakukan pemeriksaan Kolagen tipe VIII dengan metode immunohistokimia. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara tikus yang hanya diberi PBS dengan yang di beri ASCs. Kesimpulan: ASCs dapat membantu meningkatkan ekpresi kolagen tipe VIII pada gingiva tikus wistar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PERI. 02-18 Sob e
Uncontrolled Keywords: Adipose mesenchymal stem cell, Kolagen tipe VIII, Gingiva.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NURIN SOBRINA, 021518056302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 05 Apr 2018 22:17
Last Modified: 05 Apr 2018 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item