DIMAS YANUAR AVIANTARA, 081016069
(2018)
ANALISIS DAN EVALUASI PENGUKURAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) STUDI KASUS APLIKASI HELPDESK SWALAYAN DSI HELPDESK UNAIR.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Aplikasi helpdesk online merupakan layanan yang mendukung untuk
mahasiswa dalam melakukan proses complaining secara online. Saat ini aplikasi
helpdesk mahasiswa berjalan pada Direktorat Sistem Informasi (DSI) Universitas
Airlangga (UNAIR) yang dimanfaatkan untuk mahasiswa melakukan complain
secara online tanpa harus dating lagi ke pusat rektorat. Penelitian ini bertujuan
untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa sebagai end user terhadap aplikasi
Helpdesk Swalayan DSI UNAIR dengan menggunakan metode End User
Computing Satisfaction (EUCS).
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan target
responden adalah 100 mahasiswa Universitas Airlangga sebagai pengguna situs
Helpdesk Swalayan, data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Partial
Least Square (PLS) untuk memahami hubungan antar variabel. Analisis PLS
dimulai dengan tahapan evaluasi model pengukuran, evaluasi model struktural
dan uji Goodness of Fit (GoF). Ada lima hipotesis yang akan diuji dengan lima
variabel, Variabel yang digunakan Accuracy, Content, Easy Of Use, Format,
Timeliness, End User Computing Satisfaction. Lima hipotesis yang diuji adalah
Accuracy dengan EUCS, Content dengan EUCS, Easy Of Use dengan EUCS,
Format dengan EUCS, dan Timeliness dengan EUCS.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 5 hipotesis yang diuji ada 2 hipotesis
yang tidak signifikan karena memiliki nilai P (probabilitas) lebih besar dari nilai α
(error) sebesar 0,1 atau sebesar 10%. Nilai P masing-masing hipotesis yang tidak
signifikan yakni Accuracy (A) sebesar 0,281, dan Format (F) sebesar 0.974.
Rekomendasi saran yang diajukan untuk meningkatkan pengguna adalah aplikasi
dapat di re-build ulang, atau dapat diperbaiki dari segi format penyajian data dan
juga keakuratan informasi data untuk lebih tepat sasaran.
Actions (login required)
|
View Item |