ANALISIS DAN EVALUASI PENGUKURAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) STUDI KASUS APLIKASI HELPDESK SWALAYAN DSI HELPDESK UNAIR

DIMAS YANUAR AVIANTARA, 081016069 (2018) ANALISIS DAN EVALUASI PENGUKURAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) STUDI KASUS APLIKASI HELPDESK SWALAYAN DSI HELPDESK UNAIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ST.SI. 14-18 Avi a Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aplikasi helpdesk online merupakan layanan yang mendukung untuk mahasiswa dalam melakukan proses complaining secara online. Saat ini aplikasi helpdesk mahasiswa berjalan pada Direktorat Sistem Informasi (DSI) Universitas Airlangga (UNAIR) yang dimanfaatkan untuk mahasiswa melakukan complain secara online tanpa harus dating lagi ke pusat rektorat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa sebagai end user terhadap aplikasi Helpdesk Swalayan DSI UNAIR dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan target responden adalah 100 mahasiswa Universitas Airlangga sebagai pengguna situs Helpdesk Swalayan, data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk memahami hubungan antar variabel. Analisis PLS dimulai dengan tahapan evaluasi model pengukuran, evaluasi model struktural dan uji Goodness of Fit (GoF). Ada lima hipotesis yang akan diuji dengan lima variabel, Variabel yang digunakan Accuracy, Content, Easy Of Use, Format, Timeliness, End User Computing Satisfaction. Lima hipotesis yang diuji adalah Accuracy dengan EUCS, Content dengan EUCS, Easy Of Use dengan EUCS, Format dengan EUCS, dan Timeliness dengan EUCS. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 5 hipotesis yang diuji ada 2 hipotesis yang tidak signifikan karena memiliki nilai P (probabilitas) lebih besar dari nilai α (error) sebesar 0,1 atau sebesar 10%. Nilai P masing-masing hipotesis yang tidak signifikan yakni Accuracy (A) sebesar 0,281, dan Format (F) sebesar 0.974. Rekomendasi saran yang diajukan untuk meningkatkan pengguna adalah aplikasi dapat di re-build ulang, atau dapat diperbaiki dari segi format penyajian data dan juga keakuratan informasi data untuk lebih tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI. 14-18 Avi a(TLP)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Pengguna, Helpdesk, EUCS, Partial Least Square.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
DIMAS YANUAR AVIANTARA, 081016069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTaufik, S.T, M.Kom.UNSPECIFIED
ContributorRini Semiati, Dra ,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Apr 2018 16:10
Last Modified: 25 Apr 2018 18:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71687
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item