PATOGENISITAS BAKTERI Streptococcus iniae YANG DIINFEKSIKAN PADA IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus× Epinephelus lanceolatus)

IFTITAHIYATURRUSYIDAH, 141311133021 (2018) PATOGENISITAS BAKTERI Streptococcus iniae YANG DIINFEKSIKAN PADA IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus× Epinephelus lanceolatus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PK.BP. 44-18 Ift p Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PK.BP. 44-18 Ift p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Patogenisitas bakteri merupakan kemampuan suatu bakteri patogen dalam menimbulkan penyakit. Menurut Russo et. al, (2006) menyatakan bahwa patogenisitas setiap agen patogen juga sangat berkaitan dengan kemampuannya dalam memproduksi enzim, toksin dan dalam mengatasi sistem kekebalan inangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dari bakteri Streptococcus iniae yang menyebabkan ikan kerapu cantang sakit hingga menimbulkan kematian serta mempelajari gejala klinis yang ditunjukkan pada ikan kerapu cantang yang terinfeksi Streptococcus iniae. Berdasarkan dari hasil uji LD50 dan uji utama yang dilakukan, diketahui bahwa infeksi Streptococcus iniae bersifat virulen terhadap ikan kerapu cantang pada dosis 2,37 x 106 sel/ml. Bakteri Streptococcus iniae bersifat lebih virulen pada saat uji utama. Dosis perlakuan 106 sel/ml diketahui menyebabkan kematian mencapai 63,33% dalam waktu 24 jam sedangkan dosis 108 sel/ml menyebabkan kematian yang lebih tinggi yakni mencapai 83,33% dalam waktu yang sama. Kerapu cantang yang terinfeksi Streptococcus iniae menunjukkan gejala klinis berupa menurunnya respon rangsang serta perubahan tingkah laku yang meliputi nafsu makan, gerakan renang dan gerakan operculum.Perubahan fisik yang ditunjukkan akibat infeksi S. iniae pada penelitian ini adalah adanya perubahan pada corak warna kulit, sisik rontok, lesi dan haemoragik baik pada permukaan tubuh maupun sirip serta pembengkakan pada organ internal seperti ginjal, hati dan limpa. Dari penelitian ini diketahui bahwa infeksi Streptococcus iniae pada ikan kerapu cantang bersifat akut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP. 44-18 Ift p
Uncontrolled Keywords: PATOGENISITAS, BAKTERI Streptococcus iniae, IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus× Epinephelus lanceolatus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
IFTITAHIYATURRUSYIDAH, 141311133021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHari Suprapto, Prof. Dr., Ir., M. Agr.UNSPECIFIED
ContributorDidik Handijatno, drh., M.S., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Apr 2018 17:11
Last Modified: 08 Apr 2018 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item