BELLBOY (Studi Deskriptif Tentang Peran Bellboy Dalam Meningkatkan Pelayanan di Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya)

AKBAR ALDINO SISWOYO, 151411413007 (2017) BELLBOY (Studi Deskriptif Tentang Peran Bellboy Dalam Meningkatkan Pelayanan di Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya). Masters thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FV.PW. 06-18 Sis b Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV.PW. 06-18 Sis b.pdf
Restricted to Registered users only until 9 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada setiap industri perhotelan, bellboy memiliki peran yang penting bagi sebuah hotel, karena bellboy juga merupakan staff pertama bertatap muka dengan tamu untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap setiap tamu, baik buruknya sebuah hotel bergantung dari pelayanan yang diberikannya. Hal inilah yang menjadi ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian tentang peran bellboy dalam meningkatkan pelayanan di Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran bellboy dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, karena laporan penelitian nantinya akan berisi data-data yang mungkin berasal dari foto dan wawancara. Teknik yang dilakukan oleh peneliti dalam pengumpulan data adalah teknik pertama dengan wawancara, dimana peneliti melakukan tanya-jawab dengan informan yang dipilih, teknik kedua adalah observasi, peneliti turun langsung ke obyek penelitian yang dituju dan teknik ketiga adalah penggunaan bahan dokumen, peneliti menggunakan bahan dokumen untuk mendukung penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa peran bellboy dalam meningkatkan pelayanan di Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya adalah attitude melayani tamu seperti penampilan, sopan, jujur kepada tamu dan skill yang dibutuhkan bellboy seperti menangani barang bawaan tamu, mengetahui jenis-jenis barang bawaan tamu, memiliki komunikasi yang bagus. Tetapi dalam tugas staff bellboy terdapat kendala yang dihadapi seperti, masih kurangnya staff bellboy, barang tamu tertinggal dan complain dari tamu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW. 06-18 Sis b
Uncontrolled Keywords: Peran Bellboy, Pelayanan, Hotel Bidakara Fancy
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
AKBAR ALDINO SISWOYO, 151411413007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno, SST Par., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Apr 2018 18:20
Last Modified: 08 Apr 2018 18:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71707
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item