COOPERATIVE PRINCIPLES IN E-MAIL COMMUNICATION BETWEEN TBI CORPORATE SALES OFFICER AND CORPORATE CLIENTS

NAOMI HERLINASARI, 121012049 (2018) COOPERATIVE PRINCIPLES IN E-MAIL COMMUNICATION BETWEEN TBI CORPORATE SALES OFFICER AND CORPORATE CLIENTS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BE.63 18 Her c.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FS.BE.63 18 Her c.pdf
Restricted to Registered users only until 9 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penggunaan bahasa yang dianggap melanggar maksim prinsip kerja sama Grice (1975) di dunia bisnis dalam komunikasi organisasi melalui pos elektronik yang terjadi di TBI (The British Institute) Surabaya. Data dari penelitian diambil dari percakapan melalui pos elektronik yang terjadi antara Corporate Sales TBI Surabaya dengan para pelanggan korporasinya selama tahun 2017. Dari analisis data yang telah dilakukan, peneliti menemukan 4 jenis maksim yang dilanggar dalam prinsip kerja sama Grice (1975) yaitu pelanggaran maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim cara. Pelanggaran maksim tersebut terjadi karena kurangnya informasi yang diberikan kepada mitranya, penyampaian informasi yang tidak sesuai dengan tujuan dari komunikasi serta penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan konteksnya. Secara umum, meskipun terjadi pelanggaran maksim prinsip kerja sama Grice namun kalimat-kalimat tersebut masih bisa dipahami baik antara pihak pengirim maupun pihak penerima. Hal ini terjadi karena adanya pesan tersirat atau simplisit di dalam email yang disampaikan melalui kalimat-kalimat tersebut dan pesan-pesan tersebut dapat diterima dengan baik oleh mitranya. Penulis menemukan bahwa pelanggaran maksim yang sering muncul di dalam email yaitu pelanggaran maksim kuantitas. Dalam email tersebut, alasan mengapa pelanggaran maksim kuantitas sering digunakan oleh pihak pengirim yaitu mereka mengulangi informasi untuk sebagai sebuah pernyataan kepastian, sebuah persetujuan dan permohonan izin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE.63/18 Her c
Uncontrolled Keywords: Email, Komunikasi Organisasi, Maksim, Prinsip Kerja Sama, TBI
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics(General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
NAOMI HERLINASARI, 121012049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEma Faiza, M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Apr 2018 18:30
Last Modified: 08 Apr 2018 18:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71710
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item