STRATEGI BERSAING BIRO PERJALANAN WISATA Studi Deskriptif Tentang Upaya PT. Lumba-Lumba Tour and Travel Dalam Mempertahankan Pelanggan

WIDYANI SAFITRI, 151411413039 (2017) STRATEGI BERSAING BIRO PERJALANAN WISATA Studi Deskriptif Tentang Upaya PT. Lumba-Lumba Tour and Travel Dalam Mempertahankan Pelanggan. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FV.PW. 10-18 Saf s Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV.PW. 10-18 Saf s.pdf
Restricted to Registered users only until 9 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi informasi sudah mewarnai kehidupan masyarakat di Indonesia. Salah satu contoh kecanggihan teknologi informasi yakni adanya elektronik tiket (e-tiket), situs reservasi online. Berkembangnya teknologi informasi dengan kemunculan aplikasi reservasi online ditakutkan akan berpengaruh terhadap penyedia layanan jasa pariwisata yakni biro perjalanan atau travel agent. Maka yang terjadi adalah persaingan bisnis antara penyedia jasa (biro perjalanan atau travel agent) dengan aplikasi reservasi online yang tersedia sekarang. Perannya sebagai penyedia layanan jasa akan mulai digantikan dengan kecanggihan teknologi informasi yang ada yakni munculnya aplikasi reservasi online. Obyek penelitian adalah PT. Lumba-Lumba Tour and Travel Surabaya yang beralamatkan di Ruko Plaza Graha Family B-1, Jl. Mayjend Yono Soewoyo Surabaya. Terdaftar sebagai travel agent yang bersertifikat IATA (15305430 Domestik, 15063064 Internasional) dan ASITA. Adapun produk-produk yang dijual PT. Lumba-Lumba Tour and Travel adalah tiket pesawat domestik dan internasional, reeservasi hotel, jasa transportasi, paket tour, dokumen perjalanan (paspor, visa, asuransi perjalanan) dan tiket atraksi wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya PT. Lumba-Lumba Tour and Travel dalam mempertahankan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penelitiannya memanfaatkan wawancara terbuka kepada karyawan travel dan konsumen dari PT. Lumba-Lumba Tour and Travel. Sedangkan teknik pengumpulan data, penulis menggunakan bahan dokumen yang didapat dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini telah menjawab rumusan masalah yang telah dibuat. Upaya dari PT. Lumba-Lumba Tour and Travel dalam mempertahankan pelanggan dengan meningkatkan kualitas SDM, melakukan strategi harga, sistem pembayaran, segmentasi pasar dan melalui promosi atau iklan mampu membuat usahanya tetap bertahan meskipun adanya persaingan bisnis dengan aplikasi reservasi online. PT. Lumba-Lumba Tour and Travel mampu bertahan hingga saat ini berdasarkan strategi yang digunakan. PT. Lumba-Lumba Tour and Travel tidak mengalami pailid atau gulung tikar.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW. 10-18 Saf s
Uncontrolled Keywords: Biro perjalanan wisata, konsumen, aplikasi, reservasi online
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WIDYANI SAFITRI, 151411413039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Endah Nurhidayati, Dr., S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Apr 2018 20:17
Last Modified: 08 Apr 2018 20:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71719
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item