KEDISIPLINAN KARYAWAN (Studi Deskriptif tentang Upaya Human Resources Departement Terhadap Penerapan Kedisiplinan Kerja Karyawan di Hotel Combo HARRIS-POP Conventions Gubeng Surabaya)

ROESTINI ARI WIJAYANTI, 071102055 (2018) KEDISIPLINAN KARYAWAN (Studi Deskriptif tentang Upaya Human Resources Departement Terhadap Penerapan Kedisiplinan Kerja Karyawan di Hotel Combo HARRIS-POP Conventions Gubeng Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FV.PW. 16-18 Wij k Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV.PW. 16-18 Wij k.pdf
Restricted to Registered users only until 10 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu aspek dari suksesnya suatu organisasi atau perusahaan dapat dilihat dari kinerja manusia yang ada di dalamnya, serta bagaimana manajemen mengatur para pekerja di dalamnya. Seperti yang kita ketahui bahwa sumber daya manusia memiliki peran penting dalam mencapai sasaran yang diinginkan oleh suatu organisasi. Manajemen yang cerdas dalam mengontrol para bawahannya akan berdampak positif untuk pekerja itu sendiri maupun untuk perusahaan yang di naungi. Namun kunci utama dari keberhasilan tersebut tentu terletak pada kedisiplinan dan kerja keras yang dimiliki oleh masing-masing pekerja. Karyawan dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi akan memberikan kinerja maksimal dan loyalitas tertingginya sehingga tingkat produktivitas kerjanya juga semakin baik. Di sisi lain, keharmonisan hubungan antar manusia baik antar sesama pekerja dalam satu divisi maupun hubungan atasan-bawahan juga menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh organisasi manapun terutama untuk organisasi penyedia jasa yang membutuhkan kerjasama dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap konsumen. Oleh karena itulah terdapat divisi atau departemen khusus yang biasanya disebut dengan HRD atau Human Resources Departement, dimana departemen ini memiliki peran penting di dalam suatu organisasi untuk menyatukan beberapa pemikiran berbeda serta memiliki tugas untuk mengatur dan memotivasi karyawan agar semakin bersemangat dalam bekerja. Dalam penelitian ini penulis akan meneliti bagaimana upaya HRD dalam menerapkan kedisiplinan kinerja terhadap karyawan di hotel HarrisPop Gubeng Surabaya serta bagaimana cara HRD dalam mengawasi kinerja karyawan selama jam operasional berlangsung. Dengan menggunakan metode deskriptif dimana data yang dihasilkan berasal dari wawancara dan beberapa dokumentasi perusahaan. Serta menggunakan analisis data kualitatif dimana upaya yang dilakukan untuk meneliti adalah dengan jalan bekerja menggunakan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, serta memutuskan apa yang nantinya akan diceritakan di dalam hasil dari penelitiannya. Dari hasil penelitian di Hotel HarrisPop Surabaya tentang upaya terhadap pelaksanaan kedisiplinan karyawan yang diterapkan oleh manajemen dengan Human Resources Departement sebagai pengawasnya, maka disimpulkan bahwa upaya HRD dalam menangani kedisiplinan pada karyawannya tergolong sukses dikarenakan Human Resources Departement menggunakan sistem disiplin preventif sebagai cara untuk melakukan pendekatan terhadap karyawannya. Dimana hal tersebut merupakan jenis disiplin dengan menggunakan tindakan untuk mendorong karyawan agar mentaati standar serta peraturan yang ada sehingga akan sangat minim sekali terjadi pelanggaran atau bisa dikatakan ini adalah teknik yang bersifat mencegah tanpa ada yang memaksa sehingga pada akhirnya akan menciptakan disiplin diri pada setiap pribadi karyawan

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW. 16-18 Wij k
Uncontrolled Keywords: Human Resources, Kedisiplinan Kerja, Karyawan, Hotel Combo HARRIS-POP Conventions
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
ROESTINI ARI WIJAYANTI, 071102055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S.Sos, M.siUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Apr 2018 20:15
Last Modified: 09 Apr 2018 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71734
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item