TOUR LEADER (Studi Deskriptif Upaya Peningkatan Kinerja Tour Leader di PT Panca Indra Abadi Sentosa Sidoarjo)

Deny Riswandha, 151411413042 (2017) TOUR LEADER (Studi Deskriptif Upaya Peningkatan Kinerja Tour Leader di PT Panca Indra Abadi Sentosa Sidoarjo). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FV.PW. 17-18 Ris t Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV.PW. 17-18 Ris t.pdf
Restricted to Registered users only until 10 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin meningkatnya minat masyarakat untuk berwisata dari tahun ke tahun dan semakin menjamurnya biro perjalanan wisata yang terus menerus bersaing secara ketat menawarkan berbagai fasilitas demi menarik calon wisatawan agar memakai jasa mereka. Untuk itu pihak owner atau manajemen perusahaan wajib memberikan beberapa upaya untuk meningkatkan kinerja mereka dalam bertugas. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan kinerja tour leader dan sejauh mana efektifitas dalam pelaksanaannya di PT Panca Indra Abadi Sentosa atau yang biasa dikenal dengan PIA Wisata. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif yang maksudnya adalah untuk menguraikan atau membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat tentang upaya peningkatan kinerja tour leader dalam memimpin, mengatur, mengurus dan mengarahkan rombongan mulai dari awal pemberangkatan, rumah makan, hotel, objek wisata, sampai kembali ke lokasi awal pemberangkatan. Analisa data kualitatif sengaja dipilih karena proses penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan beberapa metode penelitian antara lain: teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi atau pengamatan secara langsung di lapangan , serta pengumpulan data berupa dokumentasi foto. Kinerja dari tour leader PIA Wisata sendiri terdapat perbedaan dari travel agent lain. Apabila travel agent lain hanya memerintahkan tour leadernya menjalankan SOP yang ada, maka tour leader PIA Wisata sejak awal perusahaan tersebut berdiri dilatih untuk bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan bersifat kekeluargaan. Sehingga pelayanan itu tidak ada batasnya antara tour leader dengan rombongan seperti terbentuknya keluarga sendiri. Mereka juga dilatih untuk selalu bekerjasama dalam tim dan dapat memberikan respon yang cepat dan selalu tanggap dalam menghadapi berbagai permasalahan yang timbul di lapangan. Beberapa fasilias juga disediakan untuk mendukung peningkatan kinerja mereka seperti menyediakan walky talky, mess karyawan, perangkat komputer dan koneksi wifi, serta pengadaan family gathering dan outbond training agar kerjasama mereka tetap solid. Penyediaan beberapa fasilitas tersebut tidak hanya bertujun untuk mempermudah tour leader dalam bertugas, tetapi juga untuk meminimalisir segala kekurangan ataupun permasalahan yang timbul ketika tengah bertugas memimpin rombongan perjalanan wisata. Selain itu dengan adanya beberapa fasilitas penunjang juga telah meningkatkan kedisiplinan tour leader PIA Wisata dalam bertugas terutama masalah ketepatan waktu.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW. 17-18 Ris t
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kinerja, Deskriptif, PIA Wisata, Tour Leader, Fasilitas Pendukung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
Deny Riswandha, 151411413042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNovianto Edi Suharno, SST Par., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Apr 2018 20:23
Last Modified: 09 Apr 2018 20:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71736
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item