RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK MANAJEMEN INSIDEN DAN SERVICE REQUEST BERDASARKAN COBIT 5 (STUDI KASUS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA)

IBNU IBADILLAH, 081311633026 (2018) RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK MANAJEMEN INSIDEN DAN SERVICE REQUEST BERDASARKAN COBIT 5 (STUDI KASUS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ST.SI. 16-18 Iba r Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
ST.SI. 16-18 Iba r.pdf
Restricted to Registered users only until 11 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bagian Akademik yang terdapat di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga merupakan bagian yang menangani bagian akademik yang terdapat di FST. Permasalahan yang ada adalah banyak laporan insiden dan permintaan layanan yang tidak segera ditanggapi, atau waktu respon lama. Selain itu, laporan insiden dan permintaan layanan yang terdapat di kotak saran kemungkina tidak terbaca, hilang, dan rusak. Sistem lapor insiden dan permintaan layanan merupakan sebuah sistem untuk melaporkan insiden dan permintaan layanan yang di laporkan oleh pelapor, serta menerima jawaban atau solusi atas permasalahan yang di laporkan. Sistem lapor insiden dan permintaan layanan digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga. Sistem lapor insiden dan permintaan layanan dibangun berbasis web dan menggunakan standar COBIT 5. Dalam pembangunan sistem lapor insiden dan permintaan layanan Fakultas Sains dan Teknologi, hal pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan. Setelah tahap identifikasi kebutuhan dilakukan perancangan sistem. Perancangan yang dilakukan yakni perancangan basis data dan skenario sistem menggunakan use case diagram dan use case scenario yang mana skenario tersebut mengacu pada standar COBIT 5 sebagai penanganan sebuah insiden dan permintaan layanan. Tahapan setelah perancangan adalah implementasi yaitu melakukan konfirmasi ke Stakeholder dan melakukan proses coding. Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah pengujian dan evaluasi yang mana dalam proses pengujian dilakukan oleh pengembang dan pengguna, sedangkan proses evaluasi dilakukan oleh semua pengguna yang terlibat dalam sistem lapor insiden dan permintaan layanan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan aspek user experience, yaitu aspek yang mencakup interaksi pengguna dengan sistem. Hasil evaluasi User Experience (UX) yang didapat telah memenuhi semua aspek UX yang meliputi useful, usable, desirable, findable, accessible, credible, dan valuable yang mana memungkinkan pengguna dapat mengakses informasi yang diperlukan secara online, basis data yang dapat diperbaharui secara langsung, serta memudahkan pengguna dalam menyortir data lapor insiden dan permintaan layanan yang masuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI. 16-18 Iba r
Uncontrolled Keywords: Sistem lapor insiden, permintaan layanan, rancang bangun perangkat lunak, COBIT 5
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
IBNU IBADILLAH, 081311633026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndra kharisma Raharjana, S. Kom., M.TUNSPECIFIED
ContributorPurbandini, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 10 Apr 2018 18:52
Last Modified: 10 Apr 2018 18:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71759
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item