HYBRID FIREFLY ALGORITHM DAN TABU SEARCH UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (VRPTW)

FEBRI ARI KUSWOYO, 081411231049 (2018) HYBRID FIREFLY ALGORITHM DAN TABU SEARCH UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (VRPTW). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
MPM. 46-18 Kus h Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
MPM. 46-18 Kus h.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2021.

Download (820kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang permasalahan menentukan rute menggunakan sejumlah kendaraan dengan kapasitas tertentu untuk mengunjungi sejumlah pelanggan dengan permintaan dan rentang waktu pelayanannya masing-masing yang disebut Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW). Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan Vehicle Routing Problem with Time Windows adalah Hybrid Firefly Algorithm dan Tabu Search. Pada Firefly Algorithm, hal yang diamati yaitu intensitas cahaya yang dimiliki oleh suatu kunang-kunang. Semakin terang intensitas cahaya yang dimiliki oleh suatu kunang-kunang, berarti total jarak tempuh semakin minimum. Kemudian solusi dengan total jarak tempuh terbesar dari proses Firefly Algorithm selanjutnya akan diproses pada Tabu Search. Tabu Search memanfaatkan suatu struktur memori untuk menyimpan solusi tersebut agar tidak terjadi proses pencarian ulang. Metode ini dibuat dalam bahasa pemrograman C++ dengan software Borland C++ 5.2 yang diimplementasikan pada tiga contoh kasus yaitu data kecil (10 pelanggan), data sedang (50 pelanggan) dan data besar (100 pelanggan). Diperoleh kesimpulan bahwa semakin besar jumlah firefly yang dibangkitkan dan modifikasi tabu list, maka solusi yang dihasilkan cenderung lebih baik serta semakin besar jumlah iterasi yang dilakukan, maka solusi yang dihasilkan juga cenderung lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 46-18 Kus h
Uncontrolled Keywords: Firefly Algorithm, Tabu Search, Hybrid, Vehicle Routing Problem with Time Windows
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
FEBRI ARI KUSWOYO, 081411231049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Apr 2018 19:43
Last Modified: 11 Apr 2018 19:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71777
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item