ORAL HISTORY: RUMAH PENINGGALAN HOS TJOKROAMINOTO JL. PENELEH 7 NO. 29-31 SURABAYA (MUSEUM HOS TJOKROAMINOTO)

CHINTYA AINURRACHMA, 151511313032 (2017) ORAL HISTORY: RUMAH PENINGGALAN HOS TJOKROAMINOTO JL. PENELEH 7 NO. 29-31 SURABAYA (MUSEUM HOS TJOKROAMINOTO). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.TP.23 18 Ain o.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.TP.23 18 Ain o.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejarah lisan atau oral history merupakan suatu informasi mengenai peristiwa dimasa lampau yang dikisahkan kembali secara langsung oleh tokoh atau pelaku sejarah atau orang yang menyaksikan peristiwa secara langsung dengan bantuan media rekam sebagai upaya penyelamatan informasi. Sejarah lisan merupakan salah satu bentuk penciptaan khasanah arsip mengenai peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi dengan ketentuan bahwa khasanah arsip berupa foto atau tekstual mengenai peristiwa tersebut tidak banyak. Oleh karena itu untuk menyelamatkan informasi-infomasi peristiwa bersejarah itu perlu adanya sejarah lisan dengan melakukan wawancara terhadap pengkisah yang memang mengetahui benar bagaimana jalan ceritanya. Adanya arsip berupa tekstual maupun foto bisa digunakan sebagai data pendukung oral history. Sejarah lisan dilakukan untuk mendeskripsikan atau menjabarkan data pendukung tersebut dan apa yang tidak dituliskan dalam bentuk tekstual. Tujuan dari pelaksanaan oral history adalah untuk merekam peristiwa yang sudah terjadi maupun yang sedang terjadi dengan adanya arsip tekstual sebagai pendukung yang masih kurang serta mempertimbangkan ketersediaan pengkisah yang mengetahui persis jalannya suatu peristiwa. Sejarah lisan erat kaitannya dengan kegiatan penelusuran arsip atau informasi suatu peristiwa maupun menjelaskan tentang biografi perorangan yang digunakan untuk pendidikan dan penelitian.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.TP.23/18 Ain o
Uncontrolled Keywords: oral history
Subjects: A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) > AM1-(501) Museums. Collectors and collecting
A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) > AM10-100 By country
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Teknisi Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
CHINTYA AINURRACHMA, 151511313032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDyah Puspitasari Srirahayu, S.Kom., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Apr 2018 23:15
Last Modified: 11 Apr 2018 23:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71793
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item