ANALISIS PENGARUH ASPEK-ASPEK BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT PLN (PERSERO) WILAYAH VI BANJARBARU, KALIMANTAN SELATAN

ADHELIA DIAH WIDHIASTY, 040023329 E (2003) ANALISIS PENGARUH ASPEK-ASPEK BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT PLN (PERSERO) WILAYAH VI BANJARBARU, KALIMANTAN SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-widhiastya-6158-b263_05-k.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7183a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya perusahaan terhadap kepuasan kerja karyawan PT PLN (Persero) Wilayah VI Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Penelitian ini didasarkan pada teori Robbins (1996:308) yang menyatakan bahwa persepsi keseluruhan dari karyawan mengenai budaya perusahaan atau kepribadian perusahaan apakah karyawan mendukung atau tidak mendukung kemudian mempengaruhi kepuasan kerja karyawan, dengan dampak yang lebih besar pada budaya perusahaan yang lebih kuat. Sedangkan budaya perusahaan dirinci oleh Schein (Luthans, 1995:497) dengan memberikan beberapa karakteristik yang merefleksikan aspek-aspek dalam budaya organisasi, yaitu norma norma perusahaan, nilai-nilai dominan yang dianut perusahaan, filosofi perusahaan, peraturan-peraturan perusahaan, dan iklim kerja perusahaan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah budaya perusahaan terdiri atas norma perusahaan, nilai-nilai dominan yang dianut perusahaan, filosofi perusahaan, peraturan perusahaan, dan iklim kerja perusahaan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja. Sebanyak 203 responden telah mewakili karakteristik responden yang telah ditetapkan dalam penelitian dan telah menjawab kuesioner. Hasil jawaban responden telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan asumsi regresi linier berganda. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh yaitu : Y = 0,790 + 0,126X1 + 0,150X2 + 0,145X3 + 0,272X4 + 0,129X5 Berdasarkan uji hipotesis koefisien regresi secara bersarnaan (uji F) dan parsial (t), diperoleh hasil bahwa norma perusahaan, nilai-nilai dominan yang dianut perusahaan, filosofi perusahaan, peraturan perusahaan, dan iklim kerja perusahaan secara bersamaan dan secara parsial berpengaruh secara bermakna terhadap kepuasan kerja karyawan PT PLN (Persero) Wilayah VI Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Saran bagi pihak manajemen PT PLN (Persero) Wilayah VI Banjarbaru, Kalimantan Selatan adalah agar meningkatkan peran peraturan perusahaan sehingga dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan lebih besar. Hal ini dapat ditempuh dengan menjadikan peraturan perusahaan sebagai sebuah hukum yang mengikat karyawan dan pihak perusahaan agar mempunyai kesadaran untuk menerapkan peraturan perusahaan, sehingga hak dan kewajiban masing-masing pihak dapat ditunaikan dengan sebaik-baiknya sehingga terdapat hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan. Melakukan intervalisasi budaya perusahaan melalui panduan kebijakan manajemen hingga dapat dirumuskan dalam kebijakan organisasional dan sistem perusahaan. Merumuskan budaya secara kongkrit dalam bentuk suatu kredo perusahaan (corporate credo), dan menambahkan unsur-unsur yang sebelumnya tidak ada dalam unsur-unsur yang membentuk budaya perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkan menjadi pedoman positif bagi sumber daya manusia dalam PT PLN (Persero) Wilayah VI Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 263/05 Faj a
Uncontrolled Keywords: Budaya Perusahaan; Kepuasan kerja karyawan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001-1841 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ADHELIA DIAH WIDHIASTY, 040023329 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Nurtjahja Moegni, Dra., Ec., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 21 Feb 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7183
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item