ANALISIS EFISIENSI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT DI KALIMANTAN SELATAN DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DAN REGRESI TOBIT

SYLVIA YUANITA, 091070318 (2017) ANALISIS EFISIENSI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT DI KALIMANTAN SELATAN DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DAN REGRESI TOBIT. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. E. 05-18 Yua a Abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis. E. 05-18 Yua a.pdf
Restricted to Registered users only until 17 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kompetisi Rumah Sakit semakin meningkat, karena adanya perdagangan bebas maupun kompetisi dalam negeri. Disamping itu, pengeluaran negara untuk Rumah Sakit di Indonesia cukup besar. Dengan meningkatkan efisiensi teknis diharapkan Rumah Sakit dapat bersaing dan dapat meningkatkan kualitas layanan. Disertasi ini menganalisa efisiensi teknis instalasi rawat inap Rumah Sakit selama tahun 2016. Penelitian ini adalah penelitian Cross Sectional dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data input dan output diambil dari Departemen Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan dan dari survei langsung ke rumah sakit untuk 29 Rumah Sakit. Pendekatan yang digunakan adalah input – oriented DEA dengan asumsi Variabel Retun to Scale. Model analisis kedua yang dipakai adalah regresi Tobit, yang dipergunakan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan Rumah Sakit, akreditasi Rumah Sakit, kerjasama BPJS Kesehatan, dan jumlah infeksi nosokomial secara parsial dan simultan. Berdasarkan hasil perhitungan Data Envelopment Analysis (DEA) ditemukan bahwa 66 % instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum di Kalimantan Selatan berada dalam kondisi efisien dan 34 % instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum di Kalimantan Selatan berada dalam kondisi belum efisien. Faktor yang mempengaruhi efisiensi instalasi rawat inap Rumah Sakit di Kalimantan Selatan secara parsial adalah akreditasi Rumah Sakit, kerjasama dengan BPJS kesehatan dan jumlah infeksi nosokomial. Secara simultan variabel kepemilikan Rumah Sakit, akreditasi Rumah Sakit, kerjasama dengan BPJS Kesehatan, dan jumlah infeksi nosokomial signifikan mempengaruhi nilai efisiensi teknik instalasi rawat inap Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. E. 05-18 Yua a
Uncontrolled Keywords: Data Envelopment Analysis (DEA), Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit, Efisiensi Teknis, Regresi Tobit.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
SYLVIA YUANITA, 091070318UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Wulansari, Dra. Ec., M.Ec., Dev., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorTri Haryanto, Drs. Ec., M.P., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorDjazuli Chalidyanto, Dr., SKM., MARSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Apr 2018 22:10
Last Modified: 22 Apr 2018 19:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item