ESTIMASI MODEL REGRESI BINOMIAL NEGATIF DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK BERDASARKAN ESTIMATOR SPLINE TRUNCATED

MIFTAHUL JANNAH, 081411831023 (2018) ESTIMASI MODEL REGRESI BINOMIAL NEGATIF DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK BERDASARKAN ESTIMATOR SPLINE TRUNCATED. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ST.S. 22-18 Jan e Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
ST.S. 22-18 Jan e.pdf
Restricted to Registered users only until 17 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Data count merupakan salah satu tipe variabel respon dalam regresi yang biasa dianalisis menggunakan regresi Poisson. Analisis menggunakan regresi Poisson harus memenuhi asumsi equidispersion atau nilai mean variabel respon sama dengan nilai variansi. Namun, dalam aplikasinya banyak data mengalami overdispersion atau nilai variansi variabel respon lebih besar dari nilai mean. Penggunaan regresi Poisson pada kasus overdispersion dapat menyebabkan kesalahan pada inferensi parameter. Regresi binomial negatif dapat digunakan untuk mengatasi kasus overdispersion. Apabila fungsi regresi tidak diasumsikan mengikuti pola tertentu, maka fungsi tersebut dapat didekati dengan pendekatan regresi nonparametrik. Estimator spline truncated adalah fungsi polinomial tersegmen yang memiliki fleksibilitas lebih baik karena terdapat titik-titik knot yang menunjukkan terjadinya perubahan pola perilaku data. Pemilihan parameter smoothing optimum dilakukan berdasarkan kriteria MLCV maksimum. Pada skripsi ini akan dibahas mengenai estimasi model regresi binomial negatif dengan pendekatan regresi nonparametrik berdasarkan estimator spline truncated dan diterapkan pada data banyaknya penderita AIDS di Provinsi Jawa Timur tahun 2016, dengan faktor yang mempengaruhi adalah banyaknya pendonor darah dan banyaknya pengguna NAPZA. Penerapan algoritma dan program memberikan hasil bahwa model yang terbentuk telah sesuai yaitu dengan nilai deviance sebesar 8,05486.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 22-18 Jan e
Uncontrolled Keywords: Data Count, Overdispersion, Regresi Binomial Negatif, Regresi Nonparametrik, Spline Truncated, AIDS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
MIFTAHUL JANNAH, 081411831023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorEko Tjahjono, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Apr 2018 22:49
Last Modified: 16 Apr 2018 22:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71857
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item