KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI: PERAN KEPERCAYAAN KEPADA PEMERINTAH, KEADILAN PROSEDURAL CERAPAN DAN PERSEPSI ATAS PERILAKU WAJIB PAJAK LAIN (STUDI EKSPERIMEN PENGUSAHA UMKM)

Ivonne Helena Putong, 041217147309 (2017) KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI: PERAN KEPERCAYAAN KEPADA PEMERINTAH, KEADILAN PROSEDURAL CERAPAN DAN PERSEPSI ATAS PERILAKU WAJIB PAJAK LAIN (STUDI EKSPERIMEN PENGUSAHA UMKM). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
Dis. A. 07-18 Put k.pdf
Restricted to Registered users only until 18 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. A. 07-18 Put k Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap negara dengan sistem pemungutan pajak sukarela harus mempertimbangkan potensi penggelapan. Pendekatan economics crime meningkatkan kepatuhan pajak tetapi terkendala biaya administrasi yang cukup besar. Regulasi berbasis kepercayaan dapat mengurangi biaya sosial bagi wajib pajak dan fiskus. Penelitian ini bertujuan menguji peran kepercayaan wajib pajak kepada pemerintah, otoritas pajak dan persepsi perilaku sesama wajib pajak terhadap kepatuhan pajak sukarela. Eksperimen antar subjek dalam riset ini menggunakan desain faktorial 2 x 2 x 2 dengan 135 partisipan pengusaha UMKM. Media yang digunakan sebagai tritmen dalam eksperimen berupa video dan papan cerita. Hasil pengujian menemukan adanya pengaruh yang kuat dari kepercayaan kepada pemerintah, keadilan prosedural cerapan dan persepsi perilaku wajib pajak lain terhadap kepatuhan. Temuan lain yaitu interaksi dari kepercayaan kepada pemerintah dan otoritas terbukti mempengaruhi keputusan kepatuhan pajak. Bukti tersebut memperluas teori Slippery Slope dengan membedakan kepercayaan kepada otoritas pajak dan kepercayaan kepada pemerintah. Hasil selanjutnya adalah tidak ada pengaruh interaksi antara faktor kepercayaan kepada pemerintah dengan perilaku wajib pajak lain terhadap kesadaran pajak. Demikian juga halnya dengan interaksi antara otoritas pajak dan perilaku wajib pajak lain yang tidak berpengaruh terhadap kepatuhan pajak.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. A. 07-18 Put k
Uncontrolled Keywords: kepercayaan kepada pemerintah, keadilan prosedural cerapan, perilaku wajib pajak lain, kepatuhan pajak.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Ivonne Helena Putong, 041217147309UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Prof. Dr., SE., CPA., AkUNSPECIFIED
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Apr 2018 23:12
Last Modified: 22 Apr 2018 21:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71867
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item