PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJER DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum di Kalimantan Selatan)

Djaperi, 090810738D (2016) PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJER DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum di Kalimantan Selatan). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. E. 11-18 Dja p Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis. E. 11-18 Dja p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris apakah 1). partisipasi penganggaran berpengaruh langsung terhadap kinerja manajer, 2). partisipasi penganggaran berpengaruh terhadap komitmen organisasi, 3). komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja manajer, 4). partisipasi penganggaran berpengaruh terhadap kinerja manajer melalui komitmen organisasi sebagai variabel mediasi, dan 5). pemanfaatan teknologi informasi sebagai variabel moderasi apakah berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penganggaran dengan kinerja manajer pada PDAM di Kalimantan Selatan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh para manajer pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kalimantan Selatan yaitu sebanyak 46 orang, dari populasi tersebut diambil seluruhnya sebagai sampel dan sekaligus diambil sebagai responden. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner yang digunakan mengacu pada literatur dan studi empirik, kemudian diadakan uji coba instrumen (pilot test). Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan Generalized Structured Component Analysis (GeSCA), Uji asumsi pada GeSCA yang berkaitan dengan pemodelan persamaan struktural adalah uji asumsi linearitas yang dilakukan dengan menggunakan Uji Ramsey RESET Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). partisipasi penganggaran berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajer, 2). partisipasi penganggaran berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi, 3). komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajer, 4). partisipasi penganggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajer melalui komitmen organisasi sebagai variabel mediasi dan 5). pemanfaatan teknologi informasi tidak memperkuat hubungan antara partisipasi penganggaran dan kinerja manajer, pemanfaatan teknologi informasi bukan merupakan variabel moderasi pengaruh Partisipasi Penganggaran terhadap Kinerja Manajer. Pemanfaatan Teknologi Informasi adalah sebagai variabel independen yang berpengaruh terhadap Kinerja Manajer.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. E. 11-18 Dja p
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Penganggaran, Komitmen Organisasi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kinerja Manajer
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsEmail
Djaperi, 090810738DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Apr 2018 17:00
Last Modified: 22 Apr 2018 20:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71876
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item