METODE PEMBUKTIAN SCIENTIFIC CRIME DALAM TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN TANPA SAKSI MATA LANGSUNG

HIMAWAN TRI YUDHA PERWIRA, 031414l53024 (2018) METODE PEMBUKTIAN SCIENTIFIC CRIME DALAM TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN TANPA SAKSI MATA LANGSUNG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TH. 21-18 Per m Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TH. 21-18 Per m.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesengajaan menghilangkan nyawa orang lain dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) disebut sebagai pembunuhan. Dalam suatu tindak pidana, pembuktian memegang peranan penting dalam proses pemeriksaan didalam sidang pengadilan serta merupakan titik sentral pemeriksaan dalam sidang pengadilan. Melalui pembuktian inilah ditentukan nasib terdakwa. Alatalat bukti yang sah menurut Pasal 184 KUHAP adalah Keterangan saksi, Keterangan Ahli, Surat, Petunjuk, dan Keterangan terdakwa. Kasus-kasus pembunuhan yang telah terjadi, penyidik dihadapkan pada suatu pembunuhan yang mana pada saat kejadian pembunuhan tersebut tidak ada saksi yang melihat secara langsung dan kejadian tersebut baru diketahui setelah beberapa saat oleh masyarakat yang kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian. Sesampainya di tempat kejadian perkara penyidik hanya menemukan mayat korban, ditempat kejadian tidak ditemukan bukti-bukti yang mengarah kepada pelaku atau tidak adanya saksi pada saat peristiwa itu berlangsung. Dengan kurangnya bukti tersebut tentulah menyulitkan pihak penyidik untuk segera mengungkap pelakunya. Untuk mengungkap peristiwa tersebut dibutuhkan metode-metode mencari alat bukti dalam suatu proses pengolahan tempat kejadian perkara salah satunya adalah metode Scientific Crime Investigation. Penelitian ini mengkaji tentang Metode pembuktian Scientific Crime Invesitgation (SCI) dalam tindak pidana pembunuhan tanpa saksi mata langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian hukum dengan pendekatan statue approach, Conceptual approach dan case approach yang ditunjang dengan sumber bahan hukum primer dan sumber bahan hukum sekunder.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH. 21-18 Per m
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Pembunuhan, Alat Bukti, Scientific Crime Investigation
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection > HV8073-8079.35 Investigation of crimes. Examination and identification of prisoners
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
HIMAWAN TRI YUDHA PERWIRA, 031414l53024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Apr 2018 21:43
Last Modified: 19 Apr 2018 21:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71910
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item