EKSPRESI OSTEOPROTEGERIN (OPG) DAN RECEPTOR ACTIVATOR OF NF-kB LIGAND (RANKL) PADA TULANG ALVEOLAR SETELAH PEMBERIAN HIDROKSI APATIT DENGAN PENAMBAHAN STEM CELL FROM HUMAN EXFOLIATED DECIDUOS TEETH (SHED) (Penelitian Eksperimental pada Hewan Coba Rattus Norvegicus)

Lieke Halim Subrata, 021518056309 (2018) EKSPRESI OSTEOPROTEGERIN (OPG) DAN RECEPTOR ACTIVATOR OF NF-kB LIGAND (RANKL) PADA TULANG ALVEOLAR SETELAH PEMBERIAN HIDROKSI APATIT DENGAN PENAMBAHAN STEM CELL FROM HUMAN EXFOLIATED DECIDUOS TEETH (SHED) (Penelitian Eksperimental pada Hewan Coba Rattus Norvegicus). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDGS.PERI. 11-18 Sub e Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.PERI. 11-18 Sub e.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

LatarBelakang : Stem cells from human exfoliated deciduos teeth (SHED) merupakan salah satu sumber adult stem sel yang memiliki kemampuan untuk berproliferasi dan berdiferensiasi menjadi lebih banyak tipe jaringan tubuh jika dibandingkan dengan stem sel lain. SHED merupakan sumber stem sel yang sangat potensial untuk terapi terapeutik dan tissue enginerring. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan ekspresi OPG dan RANKL pada scaffold hidroksiapatit dengan SHED dibandingkan dengan scaffold hidroksiapatit. Metode : Enam hewan coba dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama ditransplantasi dengan hidroksiapatit, kelompok kedua ditransplantasi dengan SHED dan hidroksiapatit. Ekspresi OPG dan RANKL dilihat 21 hari kemudian dengan menggunakan analisa imunohistokimia. Hasil : Hasil analisa dari uji independent T-test dengan nilai sigifikansi OPG p=0,0004 < 0,05 dan RANKL p= 0,0005< 0,05 menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok yaitu kelompok pertama dengan hidroksiapatit dan kelompok kedua dengan hidroksiapatit dan SHED. Kelompok kedua dengan hidroksiapatit dan SHED memperlihatkan ekspresi OPG lebih tinggi dan RANKL lebih rendah. Kesimpulan : Terdapat ekspresi OPG dan RANKL setelah aplikasi SHED pada scaffold hidroksiapatit dan ekspresi OPG pada kelompok scaffold hidroksiapatit dengan SHED lebih tinggi dan ekspresi RANKL lebih rendah dibanding kelompok scaffold tanpa hidroksiapatit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PERI. 11-18 Sub e
Uncontrolled Keywords: SHED, hidroksiapatit, RANKL, OPG
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Lieke Halim Subrata, 021518056309UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChiquita Prahasanti, Dr., drg., Sp. Perio (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorAgung Krismariono, Dr., drg., MKes., Sp. Perio (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Apr 2018 00:44
Last Modified: 20 Apr 2018 00:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71913
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item