REKOMENDASI TEKNIS PELAKSANAAN KAWASAN TANPA ROKOK DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AIRLANGGA

AUDRIA OCTA ANGGRAINI WIDI LESTARI, 101511123120 (2018) REKOMENDASI TEKNIS PELAKSANAAN KAWASAN TANPA ROKOK DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 133-18 Les r Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 133-18 Les r.pdf
Restricted to Registered users only until 2 May 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada tahun 2015 Indonesia menjadi negara dengan jumlah perokok nomor satu di dunia. Dua dari tiga laki-laki di Indonesia adalah perokok. Asap rokok terbukti membahayakan kesehatan sehingga perlu dilakukan tindakan perlindungan terhadap paparan asap rokok. Salah satu upaya perlindungan terhadap bahaya rokok yaitu dengan pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok. Tempat proses belajar mengajar merupakan salah satu area Kawasan Tanpa Rokok. Namun pada kenyataannya, masih sering terlihat perilaku merokok di tempat proses belajar mengajar. Salah satunya yaitu di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan rekomendasi teknis pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dengan informan sebanyak 17 orang. Pemilihan informan sebagai subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian dilakukan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil rekomendasi teknis pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok yaitu dengan cara pembuatan peraturan yang bisa diawali dengan pembuatan draft oleh organisasi mahasiswa di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Teknis pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok yang bisa diterapkan yaitu seluruh sivitas akademika berhak melapork apabila menemukan pelanggaran Kawasan Tanpa Rokok. Pelaporan bisa melalui verbal, tertulis atau melalui akun yang akan dilaporkan kepada tim pemantau pembantu . Setelah dilakukan pencatatan maka akan diberikan tindakan sesuai kesepakatan yang dapat berupa sanksi atau rehabilitasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu diterapkannya teknis pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok yang lebih jelas. Hal ini karena Fakultas Kesehatan Masyarakat sudah menyatakan dirinya sebagai Kawasan Tanpa Rokok namun masih kurang dalam implementasinya. Oleh karenanya diharapkan kepada pihak Fakultas untuk menindak lanjuti hasil penelitian ini agar teknis pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok bisa lebih terkoordinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 133-18 Les r
Uncontrolled Keywords: teknis pelaksanaan, kawasan tanpa rokok
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AUDRIA OCTA ANGGRAINI WIDI LESTARI, 101511123120UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Widati, Dr., S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 May 2018 19:01
Last Modified: 01 May 2018 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72067
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item