SISTEM PAKAR PEMILIHAN KAMERA DIGITAL SINGLE LENS REFLEX (DSLR) DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR

RINNO NOVALDIANTO, 081311633014 (2018) SISTEM PAKAR PEMILIHAN KAMERA DIGITAL SINGLE LENS REFLEX (DSLR) DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ST.SI. 17-18 Nov s Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
ST.SI. 17-18 Nov s.pdf
Restricted to Registered users only until 7 May 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada masa kini kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) sudah sangat banyak dicari. Kegunaan kamera DSLR yang bermacam-macam menyebabkan banyak orang dari berbagai kalangan mencari kamera DSLR. Kebutuhan fotografi yang saat ini semakin luas mendorong banyaknya tipe dan kriteria dari kamera DSLR. Permasalahan yang muncul adalah banyak calon pembeli yang masih bingung untuk memilih kamera DSLR sesuai dengan kebutuhan fotografinya. Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk membangun sistem pakar pemilihan kamera DSLR dengan metode forward chaining dan certainty factor berbasis web. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data dan informasi, pengolahan dan analisis data, perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dan evaluasi hasil. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui studi literatur, observasi, dan wawancara. Data yang digunakan untuk penelitian yaitu data kamera DSLR dan detail spesifikasinya beserta nilai pembobotannya. Spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan rekomendasi pakar adalah harga, megapixel, sensor, ISO, wifi, FPS, FPS video, resolusi video, titik fokus, timelapse, layar lipat, berat, volume, CIPA, jendela bidik, HDR, 24p sinema, mic port, HDMI, gain manual, slowmotion, dan layar sentuh. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menggunakan algoritma forward chaining untuk mencari kamera yang dibutuhkan dan certainty factor untuk perangkingan hasil berdasarkan prioritas spesifikasi pengguna. Perancangan sistem dibangun dengan menggunakan flow chart dan activity diagram. Implementasi sistem diterapkan kedalam sistem berbasis web. Sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL menggunakan tools Atom. Pengujian dilakukan dengan menggunakan black box testing. Evaluasi sistem dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sistem akan menghasilkan output berupa rekomendasi kamera DSLR. Rekomendasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai referensi untuk membantu pembeli kamera DSLR dalam memilih kamera DSLR yang sesuai dengan kebutuhannya. Hasil pengujian menunjukkan nilai 100%, yang artinya sistem dapat berjalan sesuai dengan test case yang diberikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem dinilai sebesar 3.5 dari 4 yang berarti sistem dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI. 17-18 Nov s
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Pakar, Pemilihan Kamera DSLR, Forward Chaining, Certainty Factor
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
RINNO NOVALDIANTO, 081311633014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndah Werdiningsih, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
ContributorBarry Nuqoba, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 06 May 2018 17:25
Last Modified: 06 May 2018 17:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72225
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item