FAKTOR PENDORONG PERILAKU MAHASISWA AKUNTANSI SEBAGAI PELAKSANA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI YANG BERPOTENSI MELANGGAR KODE ETIK PROFESI AKUNTAN PUBLIK (Studi kasus : Program Kerja “Charity 2017” Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Airlangga)

IGNATIUS JULIO CAESAR, 041411333068 (2018) FAKTOR PENDORONG PERILAKU MAHASISWA AKUNTANSI SEBAGAI PELAKSANA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI YANG BERPOTENSI MELANGGAR KODE ETIK PROFESI AKUNTAN PUBLIK (Studi kasus : Program Kerja “Charity 2017” Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Airlangga). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A. 137-18 Cae f Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A. 137-18 Cae f.pdf
Restricted to Registered users only until 9 May 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Airlangga adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang bertugas untuk melayani mahasiswa akuntansi Universitas Airlangga melalui program kerja dan agenda. Dana (kas) dibutuhkan dalam program kerja dan agenda sehingga membutuhkan sistem informasi akuntansi yang mampu mencatat transaksi sehari-hari. Namun, pelanggaranpelanggaran ditemui dalam mengelola keuangan. Sehingga, “Sistem HIMA-1” diimplementasikan dan diharapkan mampu mengurangi perilaku yang tidak beretika (pendekatan kode etik profesi akuntan publik). Satu kepanitiaan program kerja terlibat dalam penelitian ini dan sebanyak sembilan orang terlibat dalam wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa akuntansi Universitas Airlangga melanggar prinsip integritas; prinsip objektivitas; prinsip kompetensi, serta sikap kecermatan dan kehati-hatian; serta prinsip perilaku profesional. Faktor pendorong perilaku yang ditemukan dalam penelitian ini adalah persepsi kontrol perilaku; need for affiliation; faktor sosial dan subjective norms, faktor konatif (kebiasaan); faktor temporal (waktu); faktor opportunity; faktor kognitif (intelektual); faktor lingkungan atau ekologis; faktor lingkungan psikologis; rasionalisasi; dan faktor pressure.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 137-18 Cae f
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Keperilakuan, Perilaku Manusia, Kode Etik Akuntan Publik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IGNATIUS JULIO CAESAR, 041411333068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDebby Ratna Daniel, Dr. rer.pol., Ak. CMA., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 May 2018 17:51
Last Modified: 08 May 2018 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72246
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item