MASALAH PENYAKIT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH DI INDONESIA DEWASA INI DAN DI MASA MENDATANG PIDATO PENGUKUHAN diucapkan pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar dalam mata pelajaran Ilmu Penyakit Dalam pada FakuItas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu tanggal 18 April. 1981

MOHAMAD SALEH, Prof. (1981) MASALAH PENYAKIT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH DI INDONESIA DEWASA INI DAN DI MASA MENDATANG PIDATO PENGUKUHAN diucapkan pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar dalam mata pelajaran Ilmu Penyakit Dalam pada FakuItas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu tanggal 18 April. 1981. Fakultas Kedokteran, Surabaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Fulltext)
PG.277-10-Sal-m.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang mempunyai 147 juta penduduk yang terdiri dari berbagai suku dan agama, tersebar luas di kepulauan Nusantara dan bertempat tinggal di atas kurang lebih 13.000 pulau-pulau. Sarana perhubungan antar pulau masih belum memadai serta tingkat kecerdasan rakyatnya masih belum tinggi. Juga keadaan sosio-ekonomi masyarakatnya belum mencapai taraf kehidupan yang sempurna. Dengan kondisi demikian penyakit menular atau penyakit infeksi masih merupakan problema kesehatan yang utama di Indonesia. Menurut penelitian Departemen Kesehatan, lebih dari 60% angka kematian dan angka kesakitan (mortality rate and morbidity rate) rakyat Indonesia disebab. kan oleh penyakit menular atau penyakit infeksi, terutama yang mengenai anak balita, yaitu golongan penduduk yang berumur di bawah 5 tahun (lihat tabel 1 dan 2). Penyakit infeksi yang masih menonjol di kalangan rakyat adalah penyakit muntah berak, penyakit saluran pernafasan, tuberkulosa paru, malaria dan penyakit cacing dan parasit lainnya. Masalah kekurangan gizi masih juga banyak terdapat pada sebagian besar rakyat Indonesia, terutama yang tinggal di pedesaan. Kekurangan gizi dan vitamin ini akan menurunkan daya tahan manusia terhadap gangguan penyakit infeksi. Dalam rangka Pembangunan Nasional telah banyak diusahakan perbaikan-perbaikan dari pada sarana-sarana kesehatan, penyediaan air bersih dan perbaikan sanitasi pada umumnya. Juga dilakukan satu program yang bertahap dalam rangka pemberantasan penyakit infeksi oleh Pemerintah.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG. 277-10 Sal m
Uncontrolled Keywords: PENYAKIT JANTUNG, PEMBULUH DARAH
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsEmail
MOHAMAD SALEH, Prof.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 May 2018 16:32
Last Modified: 13 May 2018 16:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72286
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item