ANALISIS PEMBENTUK WILLINGNESS TO PAY SUBSCRIPTION PADA APLIKASI LAYANAN STREAMING MUSIK SPOTIFY

WIRADANA KUSUMA, 041411231088 (2018) ANALISIS PEMBENTUK WILLINGNESS TO PAY SUBSCRIPTION PADA APLIKASI LAYANAN STREAMING MUSIK SPOTIFY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
B. 101-18 Kus a Abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
B. 101-18 Kus a.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan internet membawa perubahan dalam industri musik khususnya pergeseran pola konsumen dalam menikmati musik melalui musik digital. Perubahan tersebut diiringi dengan peningkatan tingkat pembajakan digital yang tinggi. Perusahaan musik menyediakan layanan berbasis langganan atau subscription-based music services (SBMS) di mana memiliki dua fitur utama yaitu berbayar (premium) dan bebas bayar (freemium). Persaingan penyedia layanan musik berbasis langganan membuat perusahaan berinovasi untuk memberikan kualitas layanan yang lebih baik. Oleh sebab itu, peneliti mengangkat aplikasi Spotify sebagai penyedia layanan musik berlangganan dengan pertumbuhan pengguna terbesar di dunia. Sebaliknya, jumlah pengguna berlangganan masih sangat kecil dibandingkan pengguna bebas bayar. Penelitian ini meneliti faktor pembentuk willingness to pay subscription pada aplikasi Spotify dengan mempertimbangkan theory of planned behaviour. Responden pada penelitian ini adalah pengguna Spotify yang belum berlangganan Premium namun sudah pernah menggunakan Free-Trial.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji beberapa hipotesis dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling), dan dianalisis menggunakan software SmartPLS 3. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu menyebar kuisioner online dengan menggunakan saluran aplikasi obrolan Line dan WhatsApp. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer perceived value dan eservice quality berpengaruh positif terhadap attitude toward paying subscription. Sebaliknya, free mentality berpengaruh negatif.. Kemudian attitude toward paying subscription yang terbentuk tersebut berpengaruh terhadap willingness to pay subscription pada Spotify, begitu juga dengan subjective norm dan perceived behavioral control. Hasil ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang juga menggunakan theory of planned behaviour.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 101-18 Kus a
Uncontrolled Keywords: theory of planned behaviour, subscription-based music services (SBMS), Spotify, SEM, SmartPLS, free mentality
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
WIRADANA KUSUMA, 041411231088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSony Kusumasondjaja, SE., M.Com., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 May 2018 17:23
Last Modified: 17 May 2018 17:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72362
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item