DINAMIKA KEKUASAAN DALAM PROSES PENGANGGARAN (STUDI KASUS DI DESA LEMBOR KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN)

Anang Fajrul Ukhwaluddin, 071311333116 (2018) DINAMIKA KEKUASAAN DALAM PROSES PENGANGGARAN (STUDI KASUS DI DESA LEMBOR KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.22 18 Ukh d.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.22 18 Ukh d.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.22 18 Ukh d.pdf

Download (322kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada setiap pengambilan keputusan atau kebijakan yang ada pada level pemerintahan baik pusat daerah maupun desa, tidak bisa dilepaskan dari suatu dinamika utamanya dinamika kekuasaan apalagi dalam proses penganggaran. Kekuasaan sering kali menjadi variabel utama dalam setiap proses pengambilan keputusan sehingga menjadikan kekuasaan menarik untuk dikaji lebih mendalam. Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mengkaji dinamika kekuasaan yang terjadi dalam proses penganggaran yang ada di Desa Lembor Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Karena sedikit sekali kajian terkait dengan penganggaran yang fokus pada tingkat pemerintahan desa, khususnya desa yang masuk kategori inovatif dan baik dalam penyelenggaraannya. Ditambah adanya penambahan kewenangan dan pendelegasian keuangan melalui Undang-Undang Nomer 6 Tahun 2014 tentang Desa sedikit banyak akan mempengaruhi struktur dan pola kekuasaan yang ada di desa. Pada penelitian ini data diperoleh melalui wawancara dan observasi yang kemudian intrepretasikan dengan teori kekuasaan Robert Dahl. Temuan yang didapat menunjukan adanya aktor-aktor yang berkontestasi mempraktikan kekuasannya sesuai dengan peran dan kepentinganya. Aktor-aktor tersebut mengakar dan dilegitimasi melalui identitas organisasi keagamaan NU dan Muhammadiyah. Dan dalam paraktiknya terdapat keterkaitan antara dinamika aktor, proses penganggaran, dan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) terhadap Output yang dicapai dalam hal ini penulis melihat dari tingkat ketercapaian rencana program jangka menengah desa (RPJMDes) Desa Lembor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.22/18 Ukh d
Uncontrolled Keywords: Kekuasaan, Aktor, Penganggaran, APBDes dan RPJMDes
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Anang Fajrul Ukhwaluddin, 071311333116UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUcu Martanto, S.IP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 May 2018 18:10
Last Modified: 20 May 2018 18:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72394
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item