PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI BACAAN DIGITAL TERHADAP TINGKAT MINAT BACA DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA

Dini Anggia Prawesti, 071411631005 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI BACAAN DIGITAL TERHADAP TINGKAT MINAT BACA DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.26 18 Pra p.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.26 18 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.26 18 Pra p.pdf

Download (400kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Minat baca masih menjadi permasalahan yang sangat memprihatinkan bagi Indonesia. Permasalahan minat baca juga terjadi pada kalangan mahasiswa yang notabene mereka hidup dalam ruang lingkup akademik. Penyebab rendahnya minat baca di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah masalah perbukuan di Indonesia. Namun, terlepas dengan segala bentuk permasalahan perbukuan di Indonesia, keberadaan teknologi saat ini membawa beberapa perubahan dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah adanya fleksibilitas dalam mendapatkan sebuah bacaan yang dibutuhkan dalam sebuah lingkungan digital melalui beragam aplikasi atau platform bacaan digital. Hal ini juga merubah gaya membaca masyarakat beralih menjadi membaca digital. Adanya bentuk teknologi dan segala kemudahannya tidak serta merta dapat mengatasi permasalahan minat baca di Indonesia. Oleh karenanya, penelitian ini ingin menguji apakah adanya akses atau penggunaan terhadap aplikasi bacaan digital dapat mempengaruhi tingkat minat baca seseorang khususnya di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan mahasiswa Universtas Airlangga sebanyak 100 orang sebagai responden. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi bacaan digital (X) terhadap tingkat minat baca (Y), dan keduanya memiliki hubungan yang positif. Artinya, apabila penggunaan aplikasi bacaan digital rendah maka tingkat minat baca juga akan semakin rendah, dan apabila penggunaan aplikasi bacaan digital tinggi, maka tingkat minat baca juga akan semakin tinggi. Temuan tersebut berdasarkan hasil koefesien t hitung sebesar 9,849 sedangkan t tabel sebesar 1,987. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (9,849 > 1,987) dengan taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak sehingga ada pengaruh anara variabel X dan Y. Pengaruh tersebut merupakan pengaruh yang kuat, dengan kefisien korelasi sebesar 0,705. Sementara besarnya pengaruh variabel penggunaan aplikasi bacaan digital (X) terhadap tingkat minat baca (Y) sebesar 49,7%. Sementara sisanya yakni 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.26/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: aplikasi bacaan digital, membaca digital, minat baca
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Dini Anggia Prawesti, 071411631005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 May 2018 20:59
Last Modified: 20 May 2018 20:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72398
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item