STRATEGI PEMASARAN SOSIAL ORGANISASI NIRLABA SEBUNG SURABAYA

Devanya Obelia Faza, 071411531036 (2018) STRATEGI PEMASARAN SOSIAL ORGANISASI NIRLABA SEBUNG SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.61 18 Faz s.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.61 18 Faz s.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.61 18 Faz s.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Sebung Surabaya dalam mengubah perilaku. Sebung Surabaya merupakan salah satu organisasi nirlaba di Surabaya yang bergerak dalam bidang kesejahteraan sosial. Signifikansi dari penelitian ini adalah belum banyak penelitian pemasaran sosial dilakukan di Indonesia, terutama di Universitas Airlangga. Selain itu Sebung Surabaya mampu secara konsisten aktif melakukan kegiatan dan meningkatkan jumlah anggotanya. Kajian pustaka yang digunakan oleh penulis untuk mendukung analisis penelitian ini adalah strategi pemasaran sosial dan organisasi nirlaba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam kepada informan penelitian yaitu anggota Sebung Surabaya yang meliputi pengurus dan penggerak. Data lainnya diperoleh melalui observasi peneliti terhadap Sebung Surabaya serta dokumentasi dan unggahan kegiatan yang tersebar melalui internet. Hasil penelitian ini adalah, beberapa tahapan dalam pemasaran sosial seperti analyzing the social marketing environment dan selecting target adopter tidak dilakukan secara terstruktur oleh Sebung Surabaya. Namun tidak mengganggu jalannya pemasaran sosial dan aktivitas Sebung Surabaya. Sebung Surabaya tetap mampu menambah jumlah dan mengubah perilaku anggotanya menjadi lebih positif melalui edukasi nilai-nilai empati yang diberikan kepada target adopter. Strategi promosi pemasaran sosial yang paling efektif digunakan untuk mendapatkan serta mengubah perilaku anggota adalah melalui direct selling yang dilakukan secara mulut ke mulut oleh anggota Sebung dengan mengajak temannya untuk bergabung. Adanya kepercayaan yang bersifat personal karena keduanya saling mengenal membuat mulut ke mulut menjadi efektif dan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.61/18 Faz s
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Sosial, Organisasi Nirlaba, Perubahan Perilaku, Mulut ke Mulut
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Devanya Obelia Faza, 071411531036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestianingsih Dwi D., Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 30 May 2018 17:39
Last Modified: 30 May 2018 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72448
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item