ADAPTASI SOSIAL ORANGTUA ANAK TUNARUNGU

NADILLA PUTRI AGYANA, 071411431072 (2018) ADAPTASI SOSIAL ORANGTUA ANAK TUNARUNGU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.24 18 Agy a.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.24 18 Agy a.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL-Fis.S.24 18 Agy a.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dari anak tunarungu bagi orangtua dan juga untuk mengidentifikasi cara orangtua beradaptasi dengan anak tunarungu. Studi ini akan dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB-B) Karya Mulia Surabaya. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini digunakan Teori Adaptasi oleh W.A. Gerungan dan Teori Social Support oleh Cohen dan Willis. Penelitian ini menggunakan paradigma definisi sosial dengan teknik snowball untuk menentukan informan. Informan subjek dalam penelitian ini adalah orangtua dari anak tunarungu. Pengambilan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan cara datang ke SLB-B Karya Mulia Surabaya untuk melihat proses belajar mengajar, interaksi antar anak tunarungu dan juga sosialisasi yang dilakukan para orangtua, lalu melakukan wawancara mendalam dan juga observasi. Analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, kategorisasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah makna yang didapatkan orangtua atas keadaan anak yang tunarungu bergantung pada perbedaan waktu saat orangtua mengetahui kekurangan anak. Pada orangtua yang mengetahui saat dalam kandungan akan lebih merasa pasrah dan bersyukur, pada orangtua yang mengetahui setelah usia anak satu hingga 1.5 tahun awalnya akan merasa tidak terima, marah dan kecewa. Sedangkan adaptasi orangtua dilakukan melalui berberapa cara seperti pemilihan sekolah khusus anak tunarungu yang memilihkan sekolah luar biasa agar anak merasa nyaman dan lingkungan pun mendukung, pengasuhan yang berbedadengananak normal yaitu terletak pada tingkat kesabaran yang lebih tinggi dan perbedaan cara berkomunikasi , mencari tahu mengenai lingkungan anak, cara menyampaikan kondisi anak kepada lingkungan dan juga sosialisasi yang harus dilakukan serta cara mensosialisasikan anak dengan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.24/18 Agy a
Uncontrolled Keywords: Anak berkebutuhan khusus, anak tunarungu, adaptasi, social support
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
NADILLA PUTRI AGYANA, 071411431072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSutinah, Dr., Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Jun 2018 17:50
Last Modified: 03 Jun 2018 17:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item