STRATEGI ADAPTASI KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN PASCA BERCERAI DI KOTA KEDIRI

DHEA SHINTA AMANDA, 071411433005 (2018) STRATEGI ADAPTASI KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN PASCA BERCERAI DI KOTA KEDIRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.34 18 Ama s.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.34 18 Ama s.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.34 18 Ama s.pdf

Download (676kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perceraian merupakan berakhirnya hubungan pernikahan. Saat sepasang suami istri memutuskan untuk bercerai di situlah tidak adanya solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sedang terjadi. Perceraian memang sesuatu hal yang halal dilakukan namun sangat dibenci oleh ajaran agama manapun, dan selalu mendapat pandangan yang berbeda dari masyarakat pengenai perceraian itu sendiri. Perceraian mengubah status pasangan suami istri menjadi janda dan duda. Janda berperan sebagai kepala rumah tangga pasca perceraian yang harus bekerja dan menghidupi keluarga serta bertanggung jawab atas segala urusan baik dalam sosial, ekonomi, dan keluarga besar. Serta dampak yang disebabkan dari percerian tersebut salah satunya label atau cap yang diberikan oleh masyarakat terhadap janda sebagai kepala rumah tangga, oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Strategi Adaptasi Kepala Rumah Tangga Perempuan Pasca Perceraian di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengguanakan paradigma dari definisi sosial, memfokuskan pada strategi adaptasi dan peran extended family perempuan kepala rumah tangga pasca perceraian. Menggunakan teknik purposive, observasi, wawancara mendalam untuk pengambilan data yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan strategi adaptasi yang dilakukan oleh perempuan kepala rumah tangga pasca perceraian guna menghadapi perubahan dalam kehidupan barunya dan persiapan mental untuk dampak yang ditimbulkan dari adapanya perceraian salah satunya label yang diberikan oleh. kepala rumah tangga perempuan yang bertanggung jawab dalam keluarga dan memfokuskan diri pada keluarga serta pentingnya peran extended family dalam membangun motivasi dan semangat dalam menjalani kehidupan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.34/18 Ama s
Uncontrolled Keywords: Kepala Rumah Tangga Perempuan, Extended Family, Pasca Perceraian
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
DHEA SHINTA AMANDA, 071411433005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Mas'udah, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Jun 2018 21:07
Last Modified: 03 Jun 2018 21:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72480
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item