MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNAAN SISTEM ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGGUNAKAN MODEL ANALISIS PIECES (PERFORMANCE, INFORMATION, ECONOMY, CONTROL, EFFICIENCY, AND SERVICE)

WIDA MARIATUL KIPTIYAH, 081211631060 (2018) MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNAAN SISTEM ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGGUNAKAN MODEL ANALISIS PIECES (PERFORMANCE, INFORMATION, ECONOMY, CONTROL, EFFICIENCY, AND SERVICE). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.SI 20 - 18 Kip m-Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.SI 20 - 18 Kip m.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Model analisis PIECES merupakan sebuah metode untuk menganalisis sistem informasi yang terdiri dari poin-poin penting yang berguna untuk dijadikan pedoman dalam menganalisis sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel dari model analisis PIECES terhadap kesuksesan penerapan Online Public Access Catolog (OPAC) di Perpustakaan Universitas Airlangga dan juga untuk memberikan rekomendasi strategi kepada Perpustakaan Universitas Airlangga. PIECES memiliki enam variabel: yaitu performance untuk mengukur kinerja sebuah sistem, information untuk mengukur kualitas informasi yang dihasilkan sistem, economy untuk mengukur manfaat penerapan sistem, control untuk mengetahui pengawasan dan kontrol terhadap sistem, efficiency untuk mengetahui tingkat keefisienan sistem, dan service untuk mengetahui pelayanan terhadap sistem. Penelitian ini terdiri dari enam tahap, yakni identifikasi variabel penelitian dan hipotesis, perancangan kuesioner, penyebaran dan pengumpulan kuesioner, pengolahan data, menganalisis hasil dan menyusun rekomendasi terkait kepuasan pengguna OPAC. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 170 mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya yang menggunakan OPAC. Pengolahan data menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam variabel dari PIECES tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna OPAC Perpustakaan Kampus A. Di Perpustakaan Kampus B yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna adalah economy, efficiency dan information. Sedangkan di Perpustakaan Kampus C efficiency memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna OPAC. Rekomendasi yang diberikan diantaranya, memperhatikan keefisienan sistem serta kemudahan akses pengguna terhadap sistem, menyediakan informasi yang akurat, relevan, up to date, menghasilkan output yang sesuai dengan input, memperkecil terjadi kesalahan/error.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 20/ 18 Kip m
Uncontrolled Keywords: OPAC, Library, PIECES
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
WIDA MARIATUL KIPTIYAH, 081211631060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRini Semiati, Dra., M. SiUNSPECIFIED
Thesis advisorBarry Nuqoba, S. Si., M. KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 04 Jun 2018 18:34
Last Modified: 04 Jun 2018 18:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72494
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item