ANALISIS STRUKTUR DAN PENGGUNAAN WAKAMONO KOTOBA DALAM ANIME “GEKKAN SHOUJO NOZAKI-KUN EPISODE 1-12” KARYA TSUBAKI IZUMI 椿いずみのアニメ『月刊少女野崎君』における 若者ことばの構造と使い方の分析

LUPI ANDAYANI, 121311333003 (2018) ANALISIS STRUKTUR DAN PENGGUNAAN WAKAMONO KOTOBA DALAM ANIME “GEKKAN SHOUJO NOZAKI-KUN EPISODE 1-12” KARYA TSUBAKI IZUMI 椿いずみのアニメ『月刊少女野崎君』における 若者ことばの構造と使い方の分析. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FS.J. 20-18 And a Abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FS.J. 20-18 And a.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti struktur pembentukan dan makna penggunaan wakamono kotoba yang terdapat dalam anime Gekkan Shoujo Nozaki-kun Episode 1-12 karya Tsubaki Izumi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 76 data yang merupakan variasi wakamono kotoba dengan 66 data sebagai kata asalnya. Berdasarkan teori Masakazu, terdapat lima metode yang digunakan yaitu pemendekan kata (tanshuku-suru), pemanjangan vokal di akhir kata, pencampuran frasa (konkou-suru), penggunaan bahasa asing, dan penggunaan onomatope. Dari lima metode struktur pembentukan wakamono kotoba metode yang paling banyak digunakan adalah pemendekan (tanshuku suru) sebanyak 29 data, dan yang metode yang paling sedikit digunakan adalah dengan menggunakan onomatope sebanyak satu data. Hal ini karena, masyarakat Jepang selalu mengerjakan semuanya dengan tepat waktu dan cepat, hal ini juga mempengaruhi cara berbicara mereka menjadi semakin cepat. Pemendekan kata (tanshuku-suru) juga digunakan sebagai bahasa sandi agar orang lain yang berada di luar kelompoknya tidak mengetahui apa yang sedang mereka bicarakan. Selain itu, terdapat 14 data yang dibentuk dengan menggunakan metode yang tidak disebutkan oleh Masakazu. Dari analisis maknanya ditemukan bahwa makna dari 25 data telah berubah, dan makna dari 51 data lainnya tidak mengalami perubahan makna. Hal ini terjadi karena makna dari kata asalnya juga digunakan ketika menjadi wakamono kotoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.J. 20-18 And a
Uncontrolled Keywords: perubahan makna, struktur, wakamono kotoba,
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsEmail
LUPI ANDAYANI, 121311333003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDwi Anggoro Hadiutomo, S.S., M.Hum., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jun 2018 20:43
Last Modified: 04 Jun 2018 20:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item