PEMBERDAYAAN TUNAGRAHITA DALAM PERSPEKTIF PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PONDOK SOSIAL KALIJUDAN (UPTD PONSOS KALIJUDAN) DINAS SOSIAL KOTA SURABAYA

ARIEF ADHITYANTO PRAKOSO, 071311133041 (2018) PEMBERDAYAAN TUNAGRAHITA DALAM PERSPEKTIF PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PONDOK SOSIAL KALIJUDAN (UPTD PONSOS KALIJUDAN) DINAS SOSIAL KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.26 18 Pra p.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.26 18 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2021.

Download (910kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.26 18 Pra p.pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberdayaan kaum disabilitas merupakan hal yang menjadi isu sentral dalam negara berkembang. Pemberdayaan perlu dilakukan pada mereka yang tidak mampu untuk memperoleh kehidupan yang layak seperti kebanyakan orang normal dalam hal ini penyandang tungrahita Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana proses pemberdayaan anak penyandang tungrahita dalam pengembangan poensi diri di UPTD Pondo Sosial Kalijudan, serta apa sajakah kendala-kendala dalam Pemberdayaan anak penyandang tunagrahita dalam pengembangan potensi diri di UPTD Pondok Sosial Kalijudan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan metode observasi, dokumentasi, serta wawancara secara mendalam dengan 7 informan berlatar belakang yang berbeda. Penentuan informan dilakukan dengan purposive dimana pihak-pihak yang dianggap mengetahui dan terlibat dalam pemberdayaan anak penyandang tunagrahita dalam pengembangan potensi diri di UPTD Pondok Sosial Kalijudan. Data diperoleh dari hasil wawancara yang dianalisis dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberdayaan anak penyandang tunagrahita sudah dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak tunagrahita binaan. Akan tetapi dirasa masih ada hal yang menjadi kendala yang perlu diperbaiki agar kedepannya UPTD Pondok Sosial Kalijudan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.26/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Tunagrahita, UPTD Pondok Sosial Kalijudan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
ARIEF ADHITYANTO PRAKOSO, 071311133041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWahyuni Triana, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 04 Jun 2018 22:16
Last Modified: 04 Jun 2018 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72516
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item