ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF DYNAMIC GOVERNANCE (Studi Tentang Kapabilitas Dinamis Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Paspor)

Endar Heryan Pajri, 071411133003 (2018) ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF DYNAMIC GOVERNANCE (Studi Tentang Kapabilitas Dinamis Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Paspor). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.27 18 Paj a.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.27 18 Paj a.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.27 18 Paj a.pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana kapabilitas dinamis Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Sruabaya dalam perspektif dynamic governance serta bagaimana proses terbentuknya kapabilitas dinamis tersebut dalam penyelenggaraan pelayanan paspor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan yaitu purposive dan snowball untuk pihak pejabat imigrasi dan stakeholder yang bekerjasama dengan pihak kantor imigrasi, dan teknik accidental untuk informan pemohon paspor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan teknik triangulasi data, serta teknik analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kapabilitas dinamis Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya dalam penyelenggaraan pelayanan paspor cukup mampu menghasilkan berbagai perubahan pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya yang berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan paspor menjadi lebih baik dimata masyarakat, meskipun masih terdapat beberapa hal yang kurang diterapkan dalam proses pola pikir kapabilitas dinamis tersebut. Adapun proses terbentuknya kapabilitas dinamis Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya diawali dengan peran kepemimpinan dari kepala kantor imigrasi untuk selalu melakukan pertemuan kepada pegawainya, selanjutnya pegawai tersebut menjadi terdorong untuk mampu menciptakan berbagai inovasi pelayanan yang menjadi realisasi dari pola pikir thinking ahead, aktivitas evaluasi kinerja pelayanan menjadi cukup rutin dan berdampak pada perubahan berbagai kebijakan pelayanan yang merupakan realisasi dari pola pikir thinking again, dan sikap mau mempelajari praktik pelayanan dari pihak lain melalui kegiatan studi banding dengan kantor imigrasi lain yang merupakan realisasi dari pola pikir thinking across.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.27/18 Paj a
Uncontrolled Keywords: kapabilitas dinamis, thinking ahead, thinking again, thinking across, pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Endar Heryan Pajri, 071411133003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSulikah Asmorowati, S.Sos., M.DevSt., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Jun 2018 19:41
Last Modified: 05 Jun 2018 19:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72519
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item