PENERAPAN METODE LEAN DISTRIBUTION UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI STRATEGI DISTRIBUSI SEMEN PADA PT. JAWA BERKAT UTAMA (DISTRIBUTOR SEMEN GRESIK UNTUK AREA JATIM 2)

ALFIKAR WADIANTO, 041511223076 (2018) PENERAPAN METODE LEAN DISTRIBUTION UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI STRATEGI DISTRIBUSI SEMEN PADA PT. JAWA BERKAT UTAMA (DISTRIBUTOR SEMEN GRESIK UNTUK AREA JATIM 2). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_B.112 18 Wad p.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_B.112 18 Wad p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsep dari lean distribution sangat diperlukan guna mengelola strategi distribusi yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemborosan dan untuk meningkatkan produktivitas strategi distribusi semen yang dilakukan dari gudang sendiri. PT. Jawa Berkat Utama menggunakan 2 jenis strategi distribusi untuk mendistribusikan semen kepada pelanggannya diantara adalah distribusi langsung (direct address) dan pengiriman dari gudang yang dimiliki PT. Jawa Berkat Utama. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan beberapa tahapan untuk mengumpulkan data baik primer ataupun sekunder. Melihat dari proses big picture mapping pada distribusi semen dari gudang sendiri terdapat aktivitas tidak bernilai tambah (NVA) sebanyak 3 jenis aktivitas diantaranya adalah aktivitas bongkar muatan semen dari truk yang berasal dari pabrik semen ke gudang, pembuatan surat jalan yang baru dilaksanakan sehari setelah pemesanan yang dilakukan oleh toko ritel, dan aktivitas menaikkan muatan semen dari tempat penyimpanan semen yang ada di gudang ke atas truk yang dimiliki oleh PT. Jawa Berkat Utama untuk dikirimkan ke toko ritel. Setelah dilakukan waste workshop ditemukan adanya pemborosan dengan hasil pembobotan waste dengan nilai tertingi didapatkan pada gerakan yang berlebihan (unnecessary motion) sebesar 6,7. Aktivitas-aktivitas inilah yang menyebabkan terjadinya pemborosan dalam strategi distribusi semen yang dilakukan karena banyak menghabiskan waktu dan tenaga dari banyaknya pergerakan yang berlebihan dari aktivitas bongkar muat barang yang dilakukan manual di gudang PT. Jawa Berkat Utama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.112/18 Wad p
Uncontrolled Keywords: lean distribution, strategy distribution, waste, value stream analysis tools, process activity mapping
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ALFIKAR WADIANTO, 041511223076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dr., SE., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Jun 2018 18:35
Last Modified: 06 Jun 2018 18:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72528
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item