PENCARIAN SERTA KONSUMSI KONTEN OLEH KONSUMEN GENERASI Y MELALUI PERANGKAT MEDIA INTERNET (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA GENERASI Y DI KOTA SURABAYA)

ANSHARI JUNIOR RAHMATULLAH, 041311233140 (2018) PENCARIAN SERTA KONSUMSI KONTEN OLEH KONSUMEN GENERASI Y MELALUI PERANGKAT MEDIA INTERNET (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA GENERASI Y DI KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_B.119 18 Rah p.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_B.119 18 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi internet membuat pola konsumsi konten informasi dan konten hiburan pada generasi Y mulai berubah. Generasi Y tumbuh dan berkembang sejak awal media internet tumbuh dan berkembang, hal ini membuat generasi Y banyak terlibat dengan media digital atau online. Penelitian ini meneliti tentang apa aktivitas yang dilakukan generasi Y serta motif apa yang mendorong generasi Y untuk mengkonsumsi konten hiburan serta konten informasi. Subjek penelitian adalah 21 (dua puluh satu) orang Generasi Y yang bekerja di Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam. Teknik analisis mengacu pada teknik Yin (2011) dilakukan melalui triangulasi serta coding. Hasil penelitian ini menyatakan aktivitas yang dilakukan generasi Y dalam pencarian dan konsumsi konten informasi dan konten hiburan dimana ada 4 faktor yang melatarbelakangi niat untuk berperilaku pada generasi Y dalam mencari dan mengkonsumsi konten, yaitu subjective norm berupa dorongan social untuk memperbarui wawasan, attitude berupa sikap terhadap perangakat media, perceived behavioural control berupa ketersediaan waktu, keandalan perangkat, kendala pada saat penggunaan perangkat, personalisasi konten, kemudian motif terdiri dari kebutuhan, serta motif gratifikasi. Pada penelitan ini mengarah pada implikasi pemasaran khususnya pada iklan dalam konteks iklan pada Generasi Y, iklan yang disukai generasi Y adalah iklan yang sesuai dengan preferensi invividu generasi Y (Interest-based advertisement) dimana dalam interest-based advertisement, pemasar bisa menyesuaikan dan menjangkau target audiens dengan menggunakan iklan yang sesuai pada ketertarikan masing-masing individ, iklan seperti ini dinilai dapat mendorong generasi Y untuk mau menonton atau mengklik iklan tersebut pada saat melakukan pencarian serta mengkonsumsi konten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.119/18 Rah p
Uncontrolled Keywords: Generasi Y, Millennial, TV Konvensional, Internet, Perangkat media Internet, Perilaku Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ6603-7390 Customs administration
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ANSHARI JUNIOR RAHMATULLAH, 041311233140UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, Prof., SE., MBA., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Jun 2018 21:27
Last Modified: 06 Jun 2018 21:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72545
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item