KARAKTER MORFOMETRIK KERANG BULU (Anadara spp.) DI MUARA SUNGAI WONOKROMO dan JUANDA, KOTA SURABAYA = MORFOMETRIC CHARACTER OF FUR COCKLE (Anadara spp.) IN WONOKROMO AND JUANDA ESTUARY, SURABAYA CITY.

PANJI BANGUN PAMUNGKAS, 141311133214 (2018) KARAKTER MORFOMETRIK KERANG BULU (Anadara spp.) DI MUARA SUNGAI WONOKROMO dan JUANDA, KOTA SURABAYA = MORFOMETRIC CHARACTER OF FUR COCKLE (Anadara spp.) IN WONOKROMO AND JUANDA ESTUARY, SURABAYA CITY. Skripsi thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.52-18 Pam k ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.52-18 Pam k SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 8 June 2021.

Download (746kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerang bulu (Anadara spp.) merupakan salah satu jenis kerang yang berpotensi dan bernilai ekonomis tinggi untuk dikembangkan sebagai sumber protein dan mineral untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Kerang bulu (Anadara spp.) termasuk kelas bivalvia yang banyak tersebar di area pesisir laut dalam habitat yang lebih cenderung berpasir dan berlumpur. Potensi adanya kerang bulu (Anadara spp.) yang terdapat di muara Sungai Wonokromo dan Juanda cukup besar. Morfometrik adalah ciri dari organisme yang berkaitan dengan ukuran tubuh (dimensi) dan bagian tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakter morfometrik kerang bulu (Anadara spp.) di muara Sungai Wonokromo dan Juanda, Kota Surabaya. Metode Penelitian pengambilan data menggunakan survei dengan metode purposive sampling. Lokasi pengambilan sampel kerang bulu (Anadara spp.) dilakukan pada dua zona yaitu, muara Sungai Wonokromo dan Juanda. Pada setiap zona terdapat 3 stasiun dan disetiap stasiun terdapat 5 ulangan yang dilakukan dengan waktu 1 kali per bulan dari bulan Januari hingga Februari 2017. Kerang bulu (Anadara spp.) yang terdapat pada muara Sungai Wonokromo dan Juanda memiliki ukuran panjang cangkang antara 18 mm sampai 57,59 mm tergolong dalam fase kerang muda dan kerang dewasa. Warna cangkang kerang bulu di muara Sungai Wonokromo dan Juanda adalah cokelat kehitaman dan warna daging kerang bulu di muara Sungai Wonokromo cenderung lebih gelap dibandingkan dengan warna daging kerang bulu di muara Sungai Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.52/18 Pam k
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
PANJI BANGUN PAMUNGKAS, 141311133214UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKustiawan Tri Pursetyo, S.Pi., M.Vet.UNSPECIFIED
Thesis advisorRr. Juni Triastuti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Jun 2018 22:48
Last Modified: 07 Jun 2018 22:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72578
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item