SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG CACING TANAH (Lumbricusrubellus) PADA FORMULASI PAKAN IKAN NILA (Oreochromisniloticus) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK EFISIENSI PAKAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN = SUBSTITUSION OF FISH MEAL WITH EARTHWORM FLOUR (lumbricus rubellus) ON FISH FEED FORMULATION OF TILAPIA (Oreochromis niloticus) TO SPESIFIC GROWTH RATE, EFFICIENCY OF FEED AND FEED CONVERSION RATIO

AYU SEKAR RAMADHANI, 141411131034 (2018) SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG CACING TANAH (Lumbricusrubellus) PADA FORMULASI PAKAN IKAN NILA (Oreochromisniloticus) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK EFISIENSI PAKAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN = SUBSTITUSION OF FISH MEAL WITH EARTHWORM FLOUR (lumbricus rubellus) ON FISH FEED FORMULATION OF TILAPIA (Oreochromis niloticus) TO SPESIFIC GROWTH RATE, EFFICIENCY OF FEED AND FEED CONVERSION RATIO. Skripsi thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.54-18 Ram s ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.54-18 Ram s SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sering ditemui di Indonesia. Produksi nila di Indonesia dari tahun 2010 – 2014 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kualitas pakan yang tidak stabil dan suplai yang tidak menentu membuat permintaan tepung ikan semakin meningkat, sehingga perlu dicari sumber protein alternatif pengganti tepung ikan. Salah satu bahan baku sumber protein alternatif pengganti tepung ikan yaitu adalah tepung cacing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui substitusi tepung ikan dengan tepung cacing tanah terhadap laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan ikan nila (Oreochromis niloticus). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan 4 ulangan. Konsentrasi tepung cacing yang digunakan yaitu P0(0%), P1(30%), P2(35%), P3(40%), dan P4(45%). Parameter yang diamati adalah laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan. Analisis data menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan penambahan tepung cacing pada formulasi pakan ikan nila selama 45 hari dapat meningkatkan laju pertumbuhan spesifik, efisiensi pakan dan dapat menurunkan rasio konversi pakan. Laju pertumbuhan paling cepat yaitu pada perlakuan P4 dengan rata-rata 2,31% dengan penambahan tepung cacing sebesar 45%. Rasio konversi pakan terendah yaitu pada perlakuan P4 dengan nilai 1,26. Efisiensi pakan terbaik yaitu pada perlakuan P4 dengan rata-rata 79,06%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.54/18 Ram s
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
AYU SEKAR RAMADHANI, 141411131034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorMoh.Anam Al Arif, Dr., drh., MPUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Jun 2018 19:01
Last Modified: 20 Jun 2018 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item