PENGARUH PENGGUNAAN BOVINE AMNIOTIC MEMBRANE DAN TULLE SEBAGAI DRESSING TERHADAP KEPADATAN KOLAGEN YANG TERBENTUK PADA DIABETIC FOOT ULCER WAGNER II

Dion Faisal, NIM011228076308 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN BOVINE AMNIOTIC MEMBRANE DAN TULLE SEBAGAI DRESSING TERHADAP KEPADATAN KOLAGEN YANG TERBENTUK PADA DIABETIC FOOT ULCER WAGNER II. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDS.IB. 08-18 Fai p Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PPDS.IB. 08-18 Fai p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Perawatan standar ulkus diabetik dengan traditional dressing (seperti kassa dan tulle) saat ini sering kali membuahkan hasil kurang optimal, butuh biaya besar dan menambah morbiditas saat penggantian dressing berulang. Penggunaan bovine amniotic membrane sebagai biological dressing diharapkan mempercepat epitelialisasi dan deposisi matriks ekstraseluler serupa mekanisme kerja human amniotic membrane. Peneliti mencoba menggunakan bovine amniotic membrane dibandingkan tulle pada ulkus diabetik dan mengamati tercapainya penyembuhan melalui pengukuran kepadatan kolagen yang terbentuk. Tujuan: Membandingkan efektivitas bovine amniotic membrane dan tulle pada perawatan ulkus diabetik Wagner II Desain: Eksperimental, randomized post test only control group design. Subjek dan Metode: Subyek penelitian ini adalah pasien ulkus diabetik poli Bedah RSUD Dr. Soetomo Surabaya sesuai kriteria inklusi yang terbagi menjadi dua kelompok perlakuan secara acak. Ulkus kelompok pertama dirawat dengan bovine amniotic membrane, sedangkan pada kelompok kedua dirawat dengan tulle. Ulkus dievaluasi selama 3 minggu perawatan, selanjutnya dilakukan biopsi tepi ulkus dan pemeriksaan histopatologi kolagen. Hipotesis: Penggunaan bovine amniotic membrane menghasilkan penyembuhan luka yang lebih baik dibandingkan perawatan standar menggunakan tulle dalam hal kepadatan kolagen yang terbentuk. Hasil: Kepadatan kolagen yang terbentuk lebih tinggi pada kelompok yang dirawat dengan bovine amniotic membrane dibandingkan tulle dengan tingkat signifikansi p 0.002 (p < 0.05). Bovine amniotic membrane mempercepat penyembuhan ulkus diabetik melalui terbentuknya kolagen dalam jumlah lebih banyak dibandingkan perawatan standar dengan tulle.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IB. 08-18 Fai p
Uncontrolled Keywords: bovine amniotic membrane, diabetic foot ulcer, biological dressing, kolagen.
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD520-599.5 Surgery by region, system, or organ
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM
Dion Faisal, NIM011228076308NIM011228076308
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgung Prasmono, dr., Sp.B(K)TKV MARSUNSPECIFIED
Thesis advisorAlphania Rahniayu, dr., Sp.PAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Jun 2018 22:52
Last Modified: 25 Jun 2018 22:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item