ANALISIS KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN PADA 6 PROVINSI DI PULAU JAWA

SENATRIYA WAHYU RAMADHAN, 041311133125 (2018) ANALISIS KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN PADA 6 PROVINSI DI PULAU JAWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_C.88 18 Ram a.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_C.88 18 Ram a.pdf
Restricted to Registered users only until 29 June 2021.

Download (800kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketimpangan distribusi pendapatan yang terjadi di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, merupakan masalah yang masih sulit terselesaikan hingga sat ini, dimana kelompok masyarakat yang berpendapatan tinggi memiliki gap yang cukup lebar dengan masyarakat yang berpendapatan rendah. Tujuan penelitian ini ialah menguji secara parsial dan simultan variabel PDRB perkapita, rata-rata lama sekolah, dan tingkat pengangguran terbuka terhadap ketimpangan distribusi pendapatan pada 6 provinsi di Pulau Jawa. Metode yang digunakan adalah regresi data panel dengan jumlah cross section 6 Provinsi di Pulau Jawa periode 2007-2016. Kesimpulan yang diperoleh yaitu, berdasarkan uji F / uji simultan menunjukkan seluruh variabel independen (PDRB perkapita, PDRB perkapita square, rata-rata lama sekolah, dan tingkat pengangguran terbuka) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan. Berdasarkan uji t / uji parsial, variabel independen seperti variabel PDRB perkapita, PDRB perkapita square dan tingkat pengangguran terbuka berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan pada 6 provinsi di Pulau Jawa. Sedangkan variabel rata-rata lama sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadao ketimpangan distribusi pendapatan pada 6 provinsi di Pulau Jawa (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten) periode 2007-2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C.88/18 Ram a
Uncontrolled Keywords: PDRB perkapita, rata-rata lama sekolah, dan tingkat pengangguran terbuka, ketimpangan distribusi pendapatan, regresi data panel.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN30-39 The church and social problems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
SENATRIYA WAHYU RAMADHAN, 041311133125UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmadI, Drs. Ec. H. M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 17:17
Last Modified: 10 Jul 2018 17:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item