PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM KEGIATAN EQUITY-BASED CROWDFUNDING DI INDONESIA

AFINAWIVI, 031411133051 (2018) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM KEGIATAN EQUITY-BASED CROWDFUNDING DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FH.138 18 Afi p.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FH.138 18 Afi p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 June 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Financial Technology telah berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Financial Technology memiliki beberapa produk yang salah satunya adalah Crowdfunding. Crowdfunding sendiri didefinisikan sebagai praktik yang mendanai project atau usaha dengan mengumpulkan uang dalam jumlah kecil dari orang-orang dalam jumlah besar, dan biasanya melalui internet. Salah satu bentuk Crowdfunding yang sedang diminati di beberapa belahan dunia adalah Equity Based Crowdfunding. Equity Based Crowdfunding adalah transaksi pendanaan dimana perusahaan penggalang dana menawarkan bagian saham di perusahaannya sebagai kompensasi atas investasi yang diberikan melewati platform yaitu website. Belum ada regulasi yang mengatur kegiatan ini di Indonesia, namun jika nantinya dibuat regulasi mengenai kegiatan ini terdapat hal dasar yang harus diatur yakni mengenai perlindungan terhadap konsumen. Regulator dalam hal ini harus memberikan perlindungan dengan mempertimbangkan sifat dasar dan tujuan dari crowdfunding itu sendiri yakni untuk mempermudah perusahaanperusahaan baru dalam menggalang dana tanpa melalui mekanisme yang cukup memakan banyak dana disertai dengan proses yang cukup panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.138/18 Afi p
Uncontrolled Keywords: Equity-based crowdfunding, penawaran umum, Perlindungan Konsumen, saham.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
AFINAWIVI, 031411133051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Purnama Anugerah, S.H., M.Kn., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 17:44
Last Modified: 10 Jul 2018 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72769
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item