Penggunaan Bahasa Dalam Proses Pembelajaran di TK Kusuma Putra Sidoarjo: Kajian Tindak Tutur

ROCHMA KASUMA DEWI, 121311133030 (2018) Penggunaan Bahasa Dalam Proses Pembelajaran di TK Kusuma Putra Sidoarjo: Kajian Tindak Tutur. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BI.28 18 Dew p.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FS.BI.28 18 Dew p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Penggunaan Bahasa Dalam Proses Pembelajaran di TK Kusuma Putra Sidoarjo: Kajian Tindak Tutur terbatas pada tuturan guru kepada murid maupun murid kepada guru saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah a) mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur dalam proses pembelajaran di TK Kusuma Putra, Sidoarjo, b) mendeskripsikan realisasi tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung dalam proses pembelajaran di TK Kusuma Putra, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode simak. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya jenis tindak tutur guru kepada murid berupa representatif, direktif, ekspresif, dan deklarasi. Sedangkan jenis tindak tutur murid kepada guru berupa direktif dan ekspresif. Beberapa dari data jenis tindak tutur direktif tersebut, diperkuat dengan adanya pemarkah lingual. Hasil selanjutnya yaitu wujud tindak tutur langsung antara guru dengan murid maupun murid dengan guru, berupa tuturan yang hanya memiliki satu daya ilokusi berupa primary illocutionary act. Sedangkan wujud tindak tutur tidak langsung guru dengan murid, penutur mengemukakan primary illocutionary act melalui secondary illocutionary act.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.28/18 Dew p
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, TK Kusuma Putra Sidoarjo, pragmatik, tindak tutur langsung, tindak tutur tidak langsung, tindak tutur guru ke murid, tindak tutur murid ke guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1141-1489 Kindergarten
P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
ROCHMA KASUMA DEWI, 121311133030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEdy Jauhari, Dr. Drs., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:04
Last Modified: 10 Jul 2018 21:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72797
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item