PENGARUH PENGGUNAAN INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY (ICT) DENGAN TUJUAN AKADEMIK DAN NONAKADEMIK TERHADAP KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA

HUSNUL MUASYAROH, 111411131154 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY (ICT) DENGAN TUJUAN AKADEMIK DAN NONAKADEMIK TERHADAP KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_PSI.86 18 Muq p.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_PSI.86 18 Muq p.pdf
Restricted to Registered users only until 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan information and communications technology (ICT) dengan tujuan akademik dan non-akademik terhadap kemampuan self regulated learning pada mahasiswa. Selfregulated learning didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk secara aktif selama proses pembelajaran dengan cara menetapkan tujuan, mengawasi, mengatur, dan mengontrol kognitif, motivasi, dan perilaku mereka sesuai dengan konteks (Pintrich, 2000). Penggunaan ICT merupakan salah satu bagian dari aspek lingkungandalam self regulated learning (Nilson, 2013). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data menggunakan MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) short version dengan reabilitas sebesar 0,916 (Usinger & Boyer, 2012) dan Student Mobile Technology Experience (SMTE) Survey (Kashou, 2016). Penelitian ini melibatkan 272 mahasiswa angkatan aktif Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Dari hasil analisis data, diatas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (p = 0,004, p < 0,05, R = 0,201) antara penggunaan ICT dengan tujuan akademik (X1) dan non-akademik (X2) terhadap kemampuan self regulated learning (Y) dengan sumbangan pengaruh sebesar 4%. Dari hasil persamaan analisis regresi juga didapatkan persamaan yaitu Y = 275,380 + 0,382X1 – 0,275X2 . Persamaan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan ICT dengan tujuan akademik (X1) berpengaruh positif terhadap kemampuan self regulated learning, sedangkan penggunaan ICT dengan tujuan non-akademik (X2) berpengaruh negatif terhadap kemampuan self regulated learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.86/18 Mua p
Uncontrolled Keywords: kemampuan self regulated learning, Penggunaan ICT, tujuan akademik, tujuan non-akademik, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
HUSNUL MUASYAROH, 111411131154UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah Masturi, S.Psi. M.Si. Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:14
Last Modified: 10 Jul 2018 21:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72809
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item