LAKON MURWAKALA DALAM TRADISI RUWAT AGUNG NUSWANTARA MAJAPAHIT DI KABUPATEN MOJOKERTO: ANALISIS STRUKTUR DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT PENDUKUNGNYA

SITI AMINAH, 121311133051 (2018) LAKON MURWAKALA DALAM TRADISI RUWAT AGUNG NUSWANTARA MAJAPAHIT DI KABUPATEN MOJOKERTO: ANALISIS STRUKTUR DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT PENDUKUNGNYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BI.37 18 Ami l.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FS.BI.37 18 Ami l.pdf
Restricted to Registered users only until 29 June 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul “Lakon Murwakala dalam Tradisi Ruwat Agung Nuswantara Majapahit di Kabupaten Mojokerto: Analisis Struktur dan Fungsi bagi Masyarakat Pendukungnya” bertujuan untuk (1) mendokumentasikan wayang kulit lakon Murwakala dalam tradisi ruwat di Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, (2) mengungkapkan struktur lakon Murwakala, dan (3) mengungkapkan fungsi wayang kulit lakon Murwakala dan tradisi ruwat bagi masyarakat pendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan sastra lisan melalui teknik pengumpulan data sebagai berikut. (1) tahap pra penelitian di tempat, (2) tahap penelitian di tempat, dan (3) cara pembuatan naskah sastra lisan bagi pendokumentasian, meliputi transkripsi dan terjemahan. Transkripsi dalam bentuk tulis, kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori struktural untuk mengungkap unsurunsur intrinsik dalam lakon Murwakala yang terdiri dari tokoh dan penokohan, alur, latar, tema dan amanat. Selain itu diungkap mengenai unsur-unsur lain yang ditambahkan dalam lakon Murwakala yaitu. (1) sifat, bentuk, dan susunan cerita lakon Murwakala, (2) Bahasa dalang dalam pementasan wayang kulit lakon Murwakala, dan (3) unsur-unsur yang ditambahkan pada garis besar cerita. Berdasarkan analisis struktural dapat diketahui alur lakon Murwakala yang dibentuk oleh peristiwa dan kejadian. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) dokumentasi wayang kulit lakon Murwakala yang berbentuk teks disertai dengan terjemahan, (2) analisis struktural lakon Murwakala yang terdiri atas unsur tokoh dan penokohan, alur, latar, tema, dan amanat, (3) fungsi wayang kulit lakon Murwakala dan tradisi ruwat bagi masyarakat pendukungnya, antara lain sebagai sistem proyeksi, yakni sebagai alat pencermin angan-angan suatu kolektif, sebagai alat pengesahan pranata-pranata dan lembaga-lembaga kebudayaan, sebagai alat pendidikan, sebagai alat pemaksa agar norma-norma masyarakat selalu dipatuhi oleh anggota kolektifnya sebagai alat bantu pendidikan anak muda, peningkatan solidaritas kelompok, alat sanksi sosial, sarana kritik sosial, dan hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.37/18 Ami l
Uncontrolled Keywords: wayang kulit, lakon Murwakala, tradisi ruwat, struktur, dan fungsi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
L Education
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
SITI AMINAH, 121311133051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisna Kumala Satya Dewi, Dr. Dra., MS,UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:15
Last Modified: 10 Jul 2018 21:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72813
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item