HUBUNGAN ANTARA SIKAP SISWA TERHADAP SEKOLAH DENGAN KECENDERUNGAN KENAKALAN REMAJA DI MADRASAH TSANAWIYAH X DAN Y KOTA MALANG

Fatin Philia Hikmah, 111411131128 (2018) HUBUNGAN ANTARA SIKAP SISWA TERHADAP SEKOLAH DENGAN KECENDERUNGAN KENAKALAN REMAJA DI MADRASAH TSANAWIYAH X DAN Y KOTA MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_PSI.93 18 Hik h.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_PSI.93 18 Hik h.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan negatif antara sikap siswa terhadap sekolah dengan kecenderungan kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah (MTs) X dan Y Kota Malang. Analisis dalam penelitian dilakukan perkategori, yaitu hubungan sikap siswa terhadap sekolah dengan masing-masing: kecenderungan kenakalan remaja kategori predatory crimes; kecenderungan kenakalan remaja kategori public disorder crimes; kecenderungan melakukan kenakalan remaja kategori status crimes. Analisis perkategori dilakukan karena kenakalan remaja terdiri dari kategori-kategori yang tidak bisa dijadikan satu. Penelitian ini dilakukan kepada 443 siswa kelas 8 dan 9 yang ada di 2 MTs di Kota Malang. Pengambilan sampel dari populasi tersebut menggunakan teknik non-probability sampling. Guna memperoleh data sikap siswa terhadap sekolah, penulis mengadaptasi alat ukur Our Class yang dikembangkan oleh Johanesson pada tahun 1960 (Holfve-Sabel & Gustaffson, 2005) yang telah penulis ujicobakan dan memiliki koefisien reliabilitas cronbach alpha sebesar 0,880. Kemudian, untuk memperoleh data kecenderungan kenakalan remaja, penulis membuat alat ukur sendiri berdasarkan teori Glaser (1967) yang menyatakan terdapat 5 kategori kenakalan: predatory crimes, illegal service crimes, public disorder crimes, crimes of negligence, dan status crimes. Namun, penulis hanya menggunakan kategori predatory crimes, public disorder crimes, dan status crimes karena perilaku yang dicakup oleh 3 kategori inilah yang lazim terjadi di 2 MTs yang menjadi tempat penulis mengambil data. Reliabilitas alat ukur dari setiap kategori tersebut berturut-turut sebesar 0,677; 0,533; 0,671. Data dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi spearman dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 20. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara sikap siswa terhadap sekolah dengan masing-masing kategori kenakalan remaja. Hubungan negatif yang paling kuat terjadi antara sikap siswa terhadap sekolah dengan kecenderungan melakukan kenakalan remaja kategori status crimes (r=-0,430) dengan nilai signifikansi 0,000. Kemudian dengan predatory crimes (r=-0,420) dengan nilai signifikasi 0,000. Kemudian, hubungan negatif yang paling lemah terjadi antara sikap siswa terhadap sekolah dengan kecenderungan melakukan kenakalan remaja kategori public disorder crimes (r=-0,284) dengan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.93/18 Hik h
Uncontrolled Keywords: sikap terhadap sekolah, madrasah tsanawiyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF173-175 Psychoanalysis
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Fatin Philia Hikmah, 111411131128UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIwan Wahyu WIDAYAT, M.Psi. Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:27
Last Modified: 10 Jul 2018 21:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72827
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item