DAMPAK PAPARAN PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM LAYAR LEBAR TERHADAP PERUBAHAN SIKAP PENONTON ATAS MERK (Studi Pre - Eksperimen pods Product Placement Permen Blaster, Mie Kare don Pasta Gigi Formula Dalam Film Denias, Senandung Diatas Awan di Surabaya)

AGUS PURNOMO SIDIQ, 040217558 (2007) DAMPAK PAPARAN PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM LAYAR LEBAR TERHADAP PERUBAHAN SIKAP PENONTON ATAS MERK (Studi Pre - Eksperimen pods Product Placement Permen Blaster, Mie Kare don Pasta Gigi Formula Dalam Film Denias, Senandung Diatas Awan di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-sidiqagusp-9224-b14608-k.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-sidiqagusp-9280-b146_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini industri advertising mulai mengalami kejatuhan karena hanya berpikir sempit pada pemanfaatan Man televisi dan majalah semata untuk membangun sebuah brand. Hai ini mengharuskan advertising agency mulai mengembalikan posisinya sebagai penggagas ide kreatif dan memikirkan altematif media lain yang bisa membangun brand dengan dampak yang sama. Salah satu media Man yang menjadi altematif tersebut adalah product placement dalam sebuah film layar lebar atau program hiburan. Sampai saat ini product placement dalam film layar lebar telah terbukti mampu meningkatkan penjualan produk yang diiklankan, baik itu produk baru ataupun produk yang sudah popular. Yang menjadi pertanyaan adalah karena dalam product placement dalam film layar lebar tidak menyajikan adanya informasi tentang produk, akan tetapi mampu meningkatkan penjualan. Hppotesis awal adalah bahwa product placement dalam film layar lebar mampu merubah sikap penonton atas merk, yang akhirnya perubahan sikap akan mempunyai dampak langsung terhadap penjualan suatu produk. Penelitian ini menggunakan studi Eksperimen dalam setting laboratorium. Dalam eksperimen ini obyek penelitian yang dipakai adalah film Denias, Senandung Diatas Awan yang didalamnya terdapat product placement permen Blaster, pasta gigi Formula dan mie instan Kare. Observasi dilakukan dua kali yaitu sebelum dan sesudah treatment, efek perlakuan tersebut diperkirakan dengan membandingk t hasil ubservasi pertama dan observasi kedua. Efek perlakuan kemudian diuji dengan uji t untuk mengetahui signifikansi perubahan. Kesimpulan akhir adalah bahwa paparan product placement (Blaster, Dare dan Formula) dalam film Denias, Senandung diatas Awan berdampak pada perubahan sikap atas merk penonton kearah yang positif untuk semua merk (Blaster, Kare dan Formula) setelah memperoleh paparan product placement dalam film tersebut. Penelitian ini hanya berlabel Pre-experiment, sehingga diperlukan penelitian lanjutan dengan desain yang lebih baik dan dengan penelitian yang lebih general. Terlepas dari kelemahan desain eksperimen yang dipakai dalam penelitian ini. Penelitian ini menawarkan sebuah hipotesis baru bahwa seseorang akan lebih menyukai sebuah merk setelah melihat adanya product placement dalam film layar lebar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 146/08 Sid d
Uncontrolled Keywords: Product placement, advertising, pre-experiment, dan sikap atas merk
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
AGUS PURNOMO SIDIQ, 040217558UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTanti Handriana, S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 19 Mar 2009 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 14:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7284
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item