ANALISIS FAKTOR PERILAKU PEKERJA TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI PT.PAL INDONESIA (PERSERO) SURABAYA

CHYNTIYA PERMATA DAHYAR, 101411133031 (2018) ANALISIS FAKTOR PERILAKU PEKERJA TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI PT.PAL INDONESIA (PERSERO) SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FKM.146 18 Dah a.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FKM.146 18 Dah a.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya merupakan kota dengan penduduk terbsesar kedua setelah kota Jakarta yang mana Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur provinsi dengan jumlah kasus kecelakaan akibat kerja tertinggi pada tahun 2011. Disnakertransduk Jatim mencatat pada triwulan pertama tahun 2015, jumlah kecelakaan kerja sebanyak 2.180 orang lalu triwulan II 3.099 orang dan sebanyak 5.113 pada triwulan III. Penyebab kecelakaan kerja dikarenakan unsafe act atau unsafe conditions, yang mana dapat dikendalikan dengan 5 hierarki. Namun perusahaan-perusahaan banyak menggunakan Alat Pelindung Diri sebagai alternatif terakhir untuk mengendalikan kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri di PT.PAL Indonesia (Persero). Penelitian ini merupakan analitik observasional yang menggunakan metode penelitian dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini menggunakan total populasi sebanyak 36 pekerja. Pengumpulan data menggunakan alat bantu kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Korelasi Spearmen dengan nilai kemaknaan 5% untuk melihat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil penilitian ini menunjukkan ada hubungan antara persepsi manfaat (p 0,009), persepsi kemudahan penggunaan (p 0,000) dengan sikap penggunaan alat pelindung diri (APD). Selain itu juga ada hubungan antara sikap penggunaan alat pelindung diri (APD) (p 0,002) dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri (APD) pada pekerja di PT.PAL Indonesia (Persero). Bedasarkan hasil analisis Korelasi Spearmen ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan dengan sikap pengunaan alat pelindung diri (APD), serta adanya hubungan antara sikap penggunaan alat pelindung diri (APD) dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri (APD) dengan p melebihi α 0,05. Pekerja diharapkan dapat mempertahankan tentang persepsi mereka sehingga dapat menggunakan alat pelindung diri pada saat bekerja. PT.PAL Indonesia (Persero) diharapkan mempertahankan dan meningkatkan peraturan serta kondisi dari alat pelindung diri (APD) yang ada di perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.146/18 Dah a
Uncontrolled Keywords: Persepsi manfaat, persepsi kemudahaan penggunaan, sikap, perilaku penggunaan alat pelindung diri (APD)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
CHYNTIYA PERMATA DAHYAR, 101411133031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPulung Siswantara, S.KM M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:54
Last Modified: 10 Jul 2018 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72857
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item