NIAT KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA BERDASARKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Studi di Wilayah Kerja Puskemas Bulak Banteng Surabaya)

MINDIANATA PUTRI, 101411133011 (2018) NIAT KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA BERDASARKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Studi di Wilayah Kerja Puskemas Bulak Banteng Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FKM.149 18 Put n.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FKM.149 18 Put n.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberhasilan pembangunan kesehatan di Indonesia berdampak terhadap terjadinya penurunan angka kelahiran, angka kesakitan, dan angka kematian serta peningkatan Umur Harapan Hidup (UHH) saat lahir. Hal ini menyebabkan populasi Lanjut Usia terus meningkat setiap tahunnya. Sebagai upaya Pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan Lansia salah satunya ialah dengan membentuk Posyandu Lansia. Adapun Puskesmas Bulak Banteng merupakan Puskesmas dengan angka cakupan Posyandu Lansia terendah di Surabaya dan belum mencapai target yaitu sebesar 3,79% dari target cakupan 100%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh sikap terhadap perilaku, norma subyektif dan kontrol perilaku yang dirasakan oleh Lansia terhadap niat aktif mengikuti Posyandu Lansia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancang bangun cross sectional. Sampel penelitian sebesar 87 orang diambil secara acak melalui teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap terhadap perilaku berpengaruh terhadap niat responden untuk aktif mengikuti Posyandu Lansia dengan nilai (sig. 0,008). Norma subyektif tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap niat responden untuk aktif mengikuti Posyandu Lansia. Sedangkan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh terhadap niat responden untuk aktif mengikuti Posyandu Lansia dengan nilai (sig. 0,002). Kesimpulan dari penelitian ini ialah faktor sikap terhadap perilaku dan kontrol perilaku yang dirasakan dapat mempengaruhi niat Lansia untuk aktif mengikuti Posyandu Lansia. Maka Diharapkan bagi para Lansia agar semakin aktif berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu Lansia yang diselenggarakan oleh petugas kesehatan Puskesmas setempat. Diharapkan bagi para Lansia untuk selalu memperhatikan kesehatan dirinya dengan cara berperilaku hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, makan buah dan sayur, rajin berolahraga, dan periksa kesehatan secara rutin ke tempat pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.149/18 Put n
Uncontrolled Keywords: intention, liveliness, elderly, posyandu lansia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MINDIANATA PUTRI, 101411133011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Bagus Qomaruddin, Dr. Drs. MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:57
Last Modified: 10 Jul 2018 21:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item