DETERMINAN PERILAKU PACARAN BERISIKO PADA MAHASISWA PERANTAU ASAL PAPUA DI KOTA SURABAYA

CHRISTINE OHEE, NIM01311133228 (2018) DETERMINAN PERILAKU PACARAN BERISIKO PADA MAHASISWA PERANTAU ASAL PAPUA DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FKM.151 18 Ohe d.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FKM.151 18 Ohe d.pdf
Restricted to Registered users only until 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingginya populasi remaja menunjukkan tingginya populasi penduduk Indonesia. Kemajuan jaman dan tekonologi menuntut masyarakat Indonesia untuk memiliki pendidikan yang tinggi khususnya remaja yang baru lulus SMA/sederajat. Kualitas pendidikan di daerah timur Indonesia khususnya Provinsi Papua masih sangat kurang sehingga banyak remaja yang memilih untuk merantau ke luar Pulau untuk melanjukan studi. Merantau menjadi salah satu faktor yang memperngaruhi perilaku seksual berisiko pada remaja khususnya mahasiswa. Perilaku pacaran berisiko mahasiswa perantau asal Papua di Kota Surabaya sebesar 72,9%. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui determinan perilaku pacaran berisiko mahasiswa perantau asal Papua. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancang cross sectional. Populasi penelitian adalah 260 mahasiswa perantau asal Papua. Sampel penelitian sebesar 70 mahasiswa laki-laki dan perempuan. Variabel bebas penelitian ini adalah, usia, jenis kelamin, status hubungan, jenis tempat tinggal, niat perilaku pacaran berisiko, tingkat pengetahuan dan peran orang tua. Analisis statistik menggunakan uji regresi logistik ganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status hubungan (p = 0,001) mempengaruhi perilaku pacaran berisiko mahasiswa, sedangkan usia, jenis kelamin, jenis tempat tinggal, niat perilaku pacaran berisiko, tingkat pengetahuan, dan peran orang tua tidak mempengaruhi perilaku pacaran berisiko mahasiswa (p > 0,05). Kesimpulan dari penelitian adalah status hubungan berpacaran yaitu status sedang berpacaran berpengaruh terhadap perilaku pacaran berisiko mahasiswa perantau asal Papua di Kota Surabaya. Oleh karena itu mahasiswa disarankan untuk tidak berpacaran selama masa studi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.151/18 Ohe d
Uncontrolled Keywords: determinan, perilaku pacaran berisiko, mahasiswa perantau
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CHRISTINE OHEE, NIM01311133228NIM01311133228
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWindhu Purnomo, Dr. dr. M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:59
Last Modified: 10 Jul 2018 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72867
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item