SAHAM PERSEROAN SEBAGAI HARTA BERSAMA DALAM PERKAWINAN (ANALISIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1200 K/Pdt/2008 juncto PUTUSAN NOMOR 17PK/Pdt/2010)

YOSEFIN WAHYUDI, 031614253075 (2018) SAHAM PERSEROAN SEBAGAI HARTA BERSAMA DALAM PERKAWINAN (ANALISIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1200 K/Pdt/2008 juncto PUTUSAN NOMOR 17PK/Pdt/2010). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TMK.75 18 Wah s.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TMK.75 18 Wah s.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam tesis ini, penyusun memfokuskan pembahasan pada pembagian harta bersama sebagai akibat terjadinya perceraian yang berupa saham. Pembagian harta bersama banyak disengketakan oleh pasangan yang bercerai, namun kasus pembagian harta bersama berupa saham masih jarang terjadi. Selain itu, tesis ini juga membahas mengenai pembuktian atas kepemilikan saham sebagai bagian dari harta bersama tersebut. Sasaran penyusun dalam tesis ini adalah untuk menganalisis lebih lanjut mengenai keputusan hakim yang mengabulkan pembagian harta bersama berupa mobil, rumah, dan tanah-tanah, namun menolak sepenuhnya pembagian harta bersama berupa saham. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah penelitian doktrinal, yakni dengan menganalisis hubungan antar peraturan perundangundangan yang berlaku. Untuk memecahkan isu hukum, maka penelitian ini dilakukan dengan pendekatan-pendekatan tertentu sebagai dasar pijakan untuk menyusun argument yang tepat, yakni dengan menggunakan pendekatan statute approach, pendekatan conceptual approach, dan pendekatan case approach. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam tesis ini adalah dengan cara studi pustaka. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa apabila terjadi perceraian maka harta bersama dibagi sama rata bagi suami dan istri. Hal ini berlaku juga untuk pembagian harta bersama berupa saham, demikian sebagaimana yang ditentukan dalam Pasal 37 Undang-Undang Perkawinan dan kebijakan-kebijakan yang berlaku dalam Pengadilan di Indonesia. Semoga tesis ini dapat menjadi bacaan yang bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembacanya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.75/18 Wah s
Uncontrolled Keywords: Saham Perseroan, Harta Bersama, Perkawinan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YOSEFIN WAHYUDI, 031614253075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAgus Yudha Hermoko, Prof. Dr. S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:59
Last Modified: 10 Jul 2018 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72869
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item