PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN MEDIA KORAN GAYA (Komik Peran Guru Sebaya) “Sampah Man” (Studi Pada Siswa Kelas V, VI SDN Langkap 03 Dan SDN Langkap 01)

LUTHFIANA NUR, 101411131164 (2018) PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN MEDIA KORAN GAYA (Komik Peran Guru Sebaya) “Sampah Man” (Studi Pada Siswa Kelas V, VI SDN Langkap 03 Dan SDN Langkap 01). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FKM.155 18 Nur p.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FKM.155 18 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan dapat dijadikan sebagai salah satu sector yang dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Berbagai kegiatan kesehatan dapat dilakukan di sekolah, salah satunya adalah promosi kesehatan. Promosi kesehatan merupakan salah satu kegiatan yang mampu membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Jenjang Sekolah Dasar dianggap penting karena siswa dapat mempelajari berbagai macam pengetahuan dan saat yang tepat untuk memberikan informasi kesehatan sebagai bekal masa depannya. Namun sayangnya peranan sekolah belum optimal dalam mengembangkan promosi kesehatan, padahal usia anak merupakan usia yang rentan terhadap penyakit. Hal tersebut dikarenakan adanya sumber penyakit yang ada disekitar lingkungannya. Sampah merupakan faktor pencemar lingkungan yang dapat menjadi sumber penyakit. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan design quasi eksperimental. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan 75 sampel. Penelitian ini akan menggunakan paired t-test untuk melihat perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah dan independen ttest digunakan untuk melihat perbedaan pengetahuan dan sikap kelompok perlakuan dan kontrol. Ada perbedaan pengetahuan kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan sigifikansi 0,007. Tidak terdapat perbedaan pengetahuan pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, angka signifikanis yang didapat 0,264. Pada variabel sikap, pada kelompok kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan angka signifikansi 0,001. Namun kelompok kontrol tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan angka 0,479. independen t-test menunjukkan tidak adanya perbedaan pengetahuan sebelum diberikan perlakuan terhadap kedua kelompok dengan angka signifikansi 0,956. Hasil pengetahuan setelah diberikan perlakuan terhadap kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifkan dengan angka 0,043. Tidak ada perbedaan sikap awal sebelum diberikan perlakuan terhadap kedua kelompok tersebut, angka signifikansi lebih dari 0,05 yaitu 0,509. Tidak adanya perbedaan sikap juga ditunjukkan pada hasil analisis setelah diberikan perlakuan. KORAN GAYA merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap, terbukti dari hasil paired t-test yang menunjukkan adanya perbedaan terhadap pengetahuan dan sikap sesudah diberikan perlakuan. Pihak sekolah dapat menggunakan media promosi kesehatan KORAN GAYA untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa terhadap sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 FKM.155/18 Nur p
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, KORAN GAYA
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
LUTHFIANA NUR, 101411131164UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMohammad Zainal Fatah, Dr. Drs. M.S. M.S. M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 12 Aug 2018 23:27
Last Modified: 12 Aug 2018 23:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item